Kontes

Tangkot Cup 1, Dimeriahi 1.483 Peserta Jadi Gelaran Akbar Perdana NzR Indonesia di Jabodetabek

EVEN bertajuk Tangerang Kota (Tangkot) Cup 1, Minggu (25/2) di Harkot, Cimone Tangerang Banten menjadi gelaran akbar perdana NzR Indonesia di Jabodetabek bagi even organizer yang baru terbentuk sejak dua bulan ini. Kehadirannya, cukup banyak di apresiasi kicaumania. Tidak kurang dari 1.483 tiket dalam gelaran hari itu.

Menggunakan 2 lapangan, satu lapangan dikhususkan untuk peserta burung dari kalangan komunitas seperti komunitas branjangan, murai batu ekor hitam, murai batu borneo, anis merah, anis kembang, cucak jenggot, tledekan, jalak suren, pleci, konin dan lainnya. Kelas-kelas khusus ini juga banyak mendapat respon peserta, terbukti banyak dipenuhi pesertanya, tak kalah dengan kelas jenis burung lain pada umumnya.

Di lomba hari itu, khusus kelas utama, tiket paling besar di kelas Murai Batu NzR Rp 1 juta dengan nilai hadiah 45% dari jumlah 36 gantangan yang disediakan. Juara pertama di kelas utama, lagi-lagi murai batu Ketu.

Gaco orbitan Andi Owen dari Alvin Team ini kembali sukses memetik kelas bergengsi. Kemenangannya merupakan rangkaian prestasi Ketu sepanjang awal bulan ini. Pekan sebelumnya, burung tersebut juga baru meraih doublewinner bahkan salah satunya juga di kelas utama dala even Jayakarta Cup 2018 (18/2) di Samsat BSD Tangerang.

Masih di kelas murai batu, juga ada gaco handal lainnya, Datuk Mustika (DM) simpanan H Ikbal dari 707 SF Tangerang. Dieven tersebut DM nyaris menang nyeri. Juara pertama di kelas Murai Batu Merdeka, namun masuk runner-up di sesi Murai Batu Harkot.

Giliran di sesi Murai Batu Ekor Hitam ada Black Jack besutan Squad 215 Jakarta yang menang nyeri dari dua sesi yang diikutinya yakni di kelas Murai Batu Ekor Merdeka dan Murai Batu Ekor Hitam Komunitas A. Tidak hanya itu tim ini juga sukses lewat aksi anis merah Tarantula milik Gunadi Squad 215 yang meraih juara pertama di salah satu kelasnya,

Kesuksesan DM juga sekaligus kemenangannya yang beruntun sejak dua bulan ini mulai dari gelaran Murai Batu Batu Award Road To BnR Depok Cup 1 di lapangan Atlantic Bird Fest, Jl Raya Parung Bogor, Minggu, (28/1) sepekan kemudian burung ini kembali moncer di AA AA BC Cup Bekasi (4/2), Jayakarta Cup (18/2) BSD Tangerang.

Dominasi perebutan juara di kelas kacer diboyong Raja Tuak milik Achonk dari Kirana SF Tangerang. Turun ditiga sesi, dua gelar juara pertama diraihnya, diantaranya di sesi Kacer Tangkot dan Kacer Harkot. Dikedua sesi ini Raja Tuak unggul diurutan pertama. Namun, sayangnya niatnya untuk mencetak hattrick terganjal di kelas Kacer Merdeka oleh Asabil milik Mr Mbink dari Burisrowo SF. Di sesi ini Raja Tuak menempati posisi tiga besar.

Asabil juga bukan burung kemarin sore, prestasinya sudah banyak. Tercatat puluhan kali mencetak gelar juara diberbagai even nasional.”Sudah sebulan belakangan ini diturunkan setelah beres mabung,” kata Mr Mbink.

Di sesi lovebird balibu prospek menampilkan gaco baru B370 besutan Widodo dari Jambrong PWD yang meraih juara pertama. Sementara pemenang lainnya ada koleksi Teguh Walet SF yang unggul di kelas cucak hijau dan anis kembang.

Kelas anis kembang diraih Halilintar milik Teguh dari Walet SF. Bahkan dia juga sukses di kelas cucak hijau lewat aksi Astra Jingga jawara lawasnya yang sampai saat ini masih tetap eksis dijalur juara. Sementara di kelas Murai Batu Ekor Hitam dia menampilkan Bazoka diurutan juara kedua.

Pada kelas anis merah, salah satu juaranya diraih Hitler milik Pama Jirga dari Panser Team Tangerang. Dia sukses mengorbitkan juara pertama di salah satu kelas yang diikutinya. “Ini burung baru, saya beli di Bandung,” jelas Parma Jirga,

Gelaran tersebut berlangsung sukses tanpa ada protes keras. Juara umum SF diraih Mabes SF sebagai yang terbaik dan Sahabat ABF sebagai juara umum BC. Tim yang dimotori Syahrul dan Ronie. Di lapangan tersebut kelak akan menjadi lapangan resmi NzR Indonesia wilayah Tangerang.

Lomba yang dimotori Mr Ono dan Yunanta dihadiri para tokoh kicaumania Jabodetabek dan sekitarnya. Selain dua tokoh juri senior H Dodot dan Iwan, juga Nunung Efendi (Ketua NzR Indonesia Jabodetabek), Deny AB, Cecep, dan pengurus lainnya. *kb4

Daftar Juara Tangerang Kota Cup 1 NzR Indonesia [25/2]

Related Articles

Back to top button