Mensiasati Mahalnya Milet Putih dengan Milet Merah

F 1 Milet merah yang lebih murah bisa jadi alternatif

Kontesburung.com – Lebih dari sebulan ini para pemilik Love Bird dan pemilik burung pemakan bijian lain dibuat pusing tujuh keliling, pasalnya harga milet putih yang menjadi pakan utama burung kesayangannya melonjak tajam dan diluar harga kewajaran. Makanya mereka para peternak Love Bird atau pemilik Love Bird yang konsumsi pakan milletnya harianya membutuhkan dalam jumlah banyak, benar-benar merasakan sekali dengan naiknya harga millet putih.

F2 Bersihkan kotoran dengan cara manual sebelum diberikan pada burung

Harga Millet putih yang biasanya hanya Rp 6.500 per Kg belakangan melonjak sampai Rp 20.000 per Kg. Bila pemilik Love Bird dalam jumlah banyak apakah Penggemar, Peternak atau Pedagang Love Bird sangat terpukul sekali dengan naiknya harga Milet Putih.

“Jangankan mereka yang punya Love Bird puluhan ekor, yang punya lima ekor seperti saya saja merasakan sekali dengan naiknya harga Millet putih. Karena saat beli pakan kalengan ternyata harganya juga naik, padahal saya biasa beli tiap tiga hari sekali,” ujar Sutris penggemar Love Bird asal Surabaya.

F3 Milet merah juga disuka Love bird, karena rasanya gurih

Hampir sama dengan Sutris, sosok Aba Budi seorang pedagang pakan burung yang cukup besar di pasar burung Spilindit Malang, juga berat kalau harga millet putih sangat mahal, apalagi sering kosong. “Sudah harga mahal, barangnyapun sering kosong, jadi bingung juga, mau dikasih pakan apa love bird yang begitu banyak,” terang pria yang menekuni berdagang berbagai pakan burung sejak tahun 80 an lalu.

F 4 Aba Budi, pedagang besar di ps Splindit, tunjukkan love bird tetap rajin bunyi

Tapi kebingungan Aba Budi tak berlangsung lama, ia mencoba mengganti pakan millet putih yang kosong dipasaran dengan memberinya millet merah. Hasilnya Love Bird dagangan yang jumlahnya puluhan ekor, ternyata tetap rajin bunyi dan tidak mengalami penurunan stamina, bahkan banyak yang berubah lebih rajin bunyi. Apalagi dengan mengganti dengan millet merah, kita bisa menghemat biaya pakan.

Padahal kalau dilihat kandungan protein, karbohodrat dan vitamin lainnya, anatar milet putih, milet merah dan gabah sekalipun tak jauh beda. Jadi kalaupun diganti dengan milet merah atau diganti gabah tak menjadi masalah bagi love bird. Menurut referensi kandungan protein dan karbohidrat serta vitamin antara milet merah dan milet putih nyaris sama yakni protein 11,3%, Lemak 4,2 dan Hidrat arang 60,5%.

F 5 Puluhan Love Bird dibeti milet merah, burung tetap rajin bunyi

Sementara kalau mengganti dengan gabah/beras Kalori 353 gr, protein 8,2 %, tiamin 0,12 mg. Sementara untuk kandungan biji kenari seed protein 14,4%, Lemak 6,4%, Hidrat arang 55,3%. Dengan adanya kandungan diatas, kita bisa punya beberapa pilihan, misal menganti dengan milet merah bisa menjadi pilihan, dan bisa menghemat biaya lumayan besar, kalau mengganti dengan gabahpun juga nggak masalah. Silahkan mencoba.

 

Khofifah Cup 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here