Tips Jitu Mengatasi dan Merawat Burung Cendet Miyik

Kontesburung.com – Burung Cendet adalah salah satu burung cerdas, bahkan bisa dikatakan raja ocehan. Karena burung yang gemar makan serangga, jangkrik, dan belalang ini memang sangat fasih menirukan suara burung lain hingga nyaris hampir sama.

Selain itu, sifat lain burung Cendet adalah relatif lebih mudah untuk dijinakkan. Namun, yang paling menjengkelkan bagi kicau mania adalah sifat manjanya. Atau biasa disebut miyik, mbayi.

Cendet manja saat masih muda memang sudah umum, tetapi jika hingga dewasa sifat itu masih ada tentu akan menjadi masalah serius bagi kicau mania apa lagi burung akan dipersiapkan sebagai gacoan di perlombaan.

Lantas bagaimana cara mengatasi burung Cendet miyik?

Sebelum kita masuk kepembahasan bagaimana mengatasi burung Cendet manja, ada baiknya kita juga meski perlu tau dahulu apa penyebab cendet miyik.

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan burung Cendet miyik hingga memasuki umur dewasa, antara lain adalah;

Beberapa Hal Penyebab Cendet Miyik

1. Pemberian Pakan Tidak Teratur

Pemberian pakan yang tidak teratur dan tidak memenuhi kebutuhan standar nutrisi dapat menyebabkan bueung Cendet bersifat miyik. Karena hal tersebut dapat menyebabkan burung kekurangan gizi.

2. Pemberian Pakan Voer

Cendet adalah burung bersifat predator. Di alam liar burung Cendet suka memakan berbagai macam serangga (hewan kecil) seperti katak, kadal, ikan, dan burung kecil lainnya. Jika menu hariannya hanya voer maka naluri predatornya pun akan bisa hilang.

3. Menjelang Masa Mabung

Saat memasuki masa dan pasca mabung atau ganti bulu, burung Cendet biasanya juga akan menunjukkan sifat manja. Selain itu warna bulu akan terlihat kusam, bulu jatuh, porsi makan jangkrik banyak, hingga mata cenderung melotot.

4. Cendet Sering Dimanja

Cendet sering diberi pakan langsung dengan menggunakan tangan dan apalai sering menggodanya dengan tangan juga akan mendorong sifat miyik pada burung Cendet keluar. Sesekali burung Cendet perlu diberi pakan layaknya habitat aslinya di alam liar agar sifat fighter tetap ada sehingga tidak miyik.

5. Cendet Drop

Saat kondisi burung sedang tidak vit karena beberapa faktor misalnya seperti sedang sakit, perubahan cuaca, kurang jemur, dan stres, biasanya burung Cendet juga akan miyik. Oleh sebab itu perawatan harian saat merawat burung Cendet menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Mengatasi Cendet Terlanjur Miyik

Nah, apabila burung Cendet sudah terlanjur miyik, maka burung Cendet akan kehilangan jiwa predatornya sehingga jiwa fighternya pun akan hilang. Untuk itu, setelah kita memahami sebab-sebab nya maka selanjutnya adalah bagaimana caranya untuk mengatasinya.

1. Tambahan Nutrisi

Cendet miyik karena kekurangan nutrisi pada pemberian pakan. Hal tersebut bisa diatasi dengan cara penambahan porsi pakan pada rawatan harian dengan pemilihan jenis voer yang mempunyai kandungan protein sedang. Yakni antara 12% -18%, serta tambahkan cacing 2 kali untuk setiap seminggu.

Hal lain yang bisa diterapkan adalah pemberian porsi jangkrik di tingkatkan. Misal pagi 4 bisa dirubah menjadi 7-8 ekor jangkrik. Terapkan juga pada porsi pemberian jangkrik pada sore harinya.

2. Terapi Mandi Malam

Mandi malam adalah salah satu tips jitu yang selama ini diterapkan oleh kicau mania saat burung Cendet mengalami sifat miyik. Pemandian burung Cendet saat malam hari sebaiknya dilakukan antara jam 8-10 malam dengan cara menyemprotkan air dari bagian atas burung Cendet (bagian kepala).

Penyemprotan sebaiknya juga jangan terlalu basah kuyup. Kemudian setelahnya angin-anginkan di tempat yang terang untuk menunggu burung kering. Pemberian jangkrik cukup 2-3 ekor dengan tambahan 3-5 ekor ulat hongkong. Hal tersebut akan mengembalikan naluri predatornya sehingga jiwa petarungnya akan kembali pulih.

3. Asingkan Burung Atau Full Kerodong

Jika burung Cendet miyik karena faktor banyak orang di sekitarnya, maka cara mengasingkan burung ke tempat yang sepi adalah solusinya. Tempatkan burung dimana tidak atau jarang melihat orang sampai burung Cendet sembuh.

Namun, jika hal itu tidak bisa dilakukan karena beberapa faktor. Maka solusi lainnya adalah melakukan pengerodongan secara full. Lakukan pengkrodongan pada sangkar burung Cendet kemudian gantung di tempat yang sepi agar si burung tidak sering berinteraksi dengan manusia.

4. Terapi Kejut

Maksut dari terapi kejut adalah menciptakan sesuatu agar burung Cendet trauma. Namun terapi ini sebaiknya dilakukan pada setiap kali burung miyik saja.

Contoh, menyemprot dengan air dingin (air es) secara tiba-tiba, menggebrak sangkar burung, atau dengan alat lainnya seperti sesuatu yang bisa menimbulkan bunyi-bungiannya dan warna mencolok. Sehingga burung saat melihat atau mendengar akan sedikit tenang dan tidak merengek, miyik.

5. Pakan Berkualitas

Merawat burung Cendet agar tidak miyik salah satu hal penting adalah pemberian pakan yang berkualitas. Karena pemberian pakan berkualitas akan membuat burung Centet sehat, burung akan tercukupi kebutuhan nutrisinya sehingga kondisi burung akan selalu dalam kondisi prima sepanjang hari.

6. Pemberian Ekstra Fooding (EF)

Perlu dijadikan catatan penting, bahwa merawat burung Cendet perlu adanya pemberian asupan pakan tambahan berupa serangga (EF). EF bisa diberikan secara bergantian agar burung tidak bosen dan juga untuk menjaga sifat predatornya.

Jenis EF yang bisa diberikan antara lain adalah, jangkrik, kadal kecil, belalang, cicak, orong-orong, ikan-ikan kecil, dan kodok kecil. Bahkan beberapa kicau mania ada juga yang memberikan berupa daging mentah (ayam, kambing) tergantung kesukaan burung.

7. Pengembunan

Selain terapi mandi malam, tetapi pengembunan juga perlu dilakukan untuk mengatasi burung Cendet miyik. Waktu yang tepat untuk melakukan pengembunan adalah di pagi hari antara pukul 4-5 pagi.

Sebaiknya pengembunan jangan dilakukan saat burung Cendet sudah dilakukan terapi mandi malam sebelumnya. Terapkan secara bergantian atau jeda sehari antara terapi mandi malam dengan pengembunan.

8. Penjemuran

Penjemuran pada burung Cendet merupakan faktor kebutuhan utama. Lakukan penjemuran secara langsung dibawah sinar matahari mulai pukul 7 pagi sampai pukul 11 siang agar mendapat asupan vitamin D. Namun tetap melihat kekuatan pada masing-masing burung. Jangan lupa selalu sedikan air didalam sangkar dan pakan selama penjemuran dilakukan.

9. Mandi Sauna

Mandi sauna bisa dilakukan untuk mengatasi burung Cendet miyik. Semprot burung pada siang hari hingga basah kuyup kemudian berikan jangkrik atau EF lain secukupnya sesuai kebiasaannya.

Selanjutnya kerondong sangkar burung dan copot tempat minum dan pakannya kemudian jemur di bawah terik matahari langsung dengan menyemprot kerondong yang ada pada sangkar secara merata. Lakukan berulang saat kerodong mulai kering. Jangan lupa pantau secara berkala kondisi burung.

Begitulah informasi tips untuk mengatasi burung Cendet miyik. Namun yang perlu diperhatikan selain cara diatas saat merawat burung Cendet adalah perawatan yang baik, teratur, dan konsisten.

Karena dengan melakukan perawatan yang baik maka burung merasa telah diperhatikan, sehingga akan jarang miyik. Seperti pemberian pakan teratur, penambahan EF yang tepat porsi, voer berkualitas, penjemuran konsisten dan mandi teratur, serta kebersihan pada sangkar burung. (*)

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here