Tiga Poin Penting Bikin Kacer Malas Bunyi Jadi Gacor

Kontesburung.com – Burung dengan cirikas warna hitam putih ini memang menjadi salah satu dari sekian banyak jenis burung yang selalu jadi favorit para penghobi burung. Apalai burungnya gacor alias rajin bunyi.

Tetapi tak sedikit para penghobi yang dibuat pusing tujuh keliling dengan burung kacer miliknya. Sebab, meski sudah lama dirawat tetap saja kurang gacor. Lantas bagaimana cara merawat burung kacer agar tidak malas bunyi.

Merawat burung kacer umumnya hampir sama dengan merawat burung ocehan lainya seperti murai batu, cucak ijo, cendet, ciblek, pleci dan lain sebagainya. Namun, ada beberapa yang meski di perhatikan agar perawatan bisa maksimal sehingga burung kacer cepat gacor.

Berikut tiga poin tahapan penting merawat burung kacer yang tidak kunjung rajin bunyi:

1. Pemandian

Proses pemandian memang menjadi sangat penting bagi burung ocehan, selain biar burung tetap bersih juga terjauh dari kuman. Untuk cara memandikan burung kacer yang kurang gacor, ada baiknya bisa memandikan dengan bak keramba agar burung puas seperti di alam liar. Lakukan hal tersebut setiap pagi pukul 06.30 dengan memandikan dengan basah kuyub.

2. Penjemuran

Setelah di mandikan dengan basah kuyub angin-anginkan burung kacer sebentar sambil diberi Extra Fooding (EF) jangan lupa juga untuk sekalian membersihkan sangkar dan wadah pakan minum supaya burung tidak mudah terkena kuman karena kotoran di sangkar.

Waktu penjemuran bisa dilakukan sampai jam 10.30 (tergantung kekuatan burung masing-masing) lalu masukkan dan tempatkan di tempat yang teduh biar kacer bisa merasa tenang. Pada tahap ini sebaiknya sangkar burung jangan di krodong agar burung biasa berinteraksi dengan manusia. Namun penempatan harus senyaman mungkin supaya burung bisa santai beristirahat.

3. Makanan

Untuk memberikan makan terhadap burung kacer, baiknya pilih voor yang mempunyai kandungan protein antara 12%-18% dengan kombinasi makanan tambahan seperti EF jenis ulat hongkong, ulat kandang, kroto, jangkrik dan cacing.

Pemberian pakan EF jangan terlalu banyak karena bisa berdampak OB (over birahi). Jangkrik bisa diberikan pagi 3 ekor dan sore tiga ekor jangan lupa jika mau memberikan jangkrik harus di hilangkan dulu kaki dan sayapnya. Sementara untuk pemberian kroto bisa diberikan 3 hari sekali saja, dan untuk ulat hongkong juga jangan terlalu banyak.

Jadi seperti itu tiga poin penting cara simpel merawat burung kacer agar cepat gacor. Cara di atas bisa dilakukan setiap hari dengan konsisten. Dalam hitungan kurang lebih 2 minggu burung kacer akan mulai rajin bunyi. (*)

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here