Perawatan Burung Lomba ala ATB BF: Perlakuan Khusus dari Piyik Hingga Bangun Karakter

Mencetak burung lomba tidak saja membutuhkan materi indukan yang super. Baik identitas spesiesnya yang jelas, marking, garis, anatomi, tetapi juga karakternya. Untuk mendapatkan burung yang ideal yang memenuhi pakem internasional, maka ada perawatan khusus pasca panen dan juga perlakuan special agar burung memiliki kesehatan tubuh, perilaku atau karakter yang bagus.

atb
PIYIK: Diangkat Umur 14 Hari Agar Dapat Asupan Zat Imun dari Induknya Sendiri

Piyikan jika disapih umur muda akan minim mendapat lolohan dari indukan. Akibat kekurangan mendapatkan imunisasi dari induknya maka akan berpengaruh terhadap pertumbuhan, rentan terhadap penyakit dan juga sulit membentuk karakternya. Karena itu, di ATB BF anakan rata-rata disapih umur 14 hari setelah sudah mendapat asupan makanan dari induknya sendiri. Jika disapih umur dewasa atau bisa makan sendiri maka cenderung anakannya akan liar.

atb
DI INCUBATOR: Menjaga Kondisinya Agar Tumbuh Subur

Di dalam incubator bersuhu di kisaran 33-34 derajat celsius, anakan umur 14 hari diloloh dengan pakan special agar pertumbuhannya bongsor. Suhu incubator terus dikurangi seiring umurnya bertambah sampai di kisaran 31 derajat.

Ketika sudah bisa makan sendiri maka anakan mulai dimasukkan ke kandang umbaran. Di sinilah fisiknya ditempa agar benar-benar kuat dan sehat. Namun ketika mulai akan dipersiapkan untuk lomba, maka calon lomba dimasukkan di kandang umbaran special panjang 3 meteran lebar 50 cm yang sudah dikondisikan menyerupai kandang lomba. Hanya berisi tangkringan pendek dan ada ayunan untuk meningkatkan daya cengkeram burung.

atb
PERLAKUAN KHUSUS: Persiapan Jelang Lomba

Di kandang umbaran inilah burung-burung calon lomba dimasukkan. Dibiarkan beberapa minggu bahkan beberapa bulan untuk menempa fisik dan melatih mental serta perilaku. Sedangkan pakan yang diberikan, ATB BF punya racikan khusus tidak saja milet putih tetapi juga dicampur degan biji-bijian lainnya agar tubuhnya benar-benar mendapat asupan makanan yang cukup.

atb
CEK N RECEK: Untuk Mengamati Kondisi Indukan Agar Tetap Bugar

Kini ada puluhan anakan yang sedang ditempa di kandang umbaran dan siap untuk dilombakan. Tetapi tidak sedikit ada yang pesan untuk amunisi para penggemar baik di Bali maupun dari luar Bali. Bahkan ada yang special untuk materi kandang. *kb3

Twister cup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here