Tips Sukses Silangkan Kenari Lokal Dengan Yorkshire Hasilkan Kenari F1 Super

Kontesburung.com – Dikalangan penghobi burung Kenari, jenis Kenari F1 sudah sangat populer. Bahkan, Kenari jenis ini kerap dijadikan gacoan para kicau mania di beberapa event besar karena mempunyai keunggulan dibanding dengan jenis Kenari lainnya.

Kenari F1, selain mempunyai kelebihan sura dan volume yang bagus juga memiliki warna corak bulu yang berwarna menarik dan juga unik serta berpostur tubuh yang lebih besar.

Jenis Kenari F1 sebetulnya adalah hasil persilangan atau hasil dari breeding yang selama ini dilakukan oleh para pelaku ternak dengan bertujuan untuk menghasilkan kenari jenis unggul. Yakni, hasil kawin silang antara Kenari lokal unggul dengan Kenari Yorkshire unggul.

Gambar ilustrasi pixabay

Nah, bagi pecinta Kenari yang mau beternak sendiri agar dapat hasil yang memuaskan serta anakan hasil breading nya juga unggul sehingga harganya pun juga ikut unggul alias mahal, meski mengetahui tips dasarnya.

Selain pengetahuan terkait dunia breeding, saat berniat mengembangkan Kenari F1, tahap awal yang dibutuhkan adalah niat, ketelatenan dan keuletan. Lebih penting lagi kita juga harus paham riwayat burung sebelum di silangkan.

Selain itu, tips untuk mendapatkan peranakan Kenari F1 super kita juga harus jeli melihat bibit bobot calon kenari yang akan disilangkan. Namun, jika hanya ingin mendapatkan Kenari F1 standard saja maka kita bisa mengabaikan hal itu, atau asal menyilangkan kedua jenis kenari saja.

Tetapi, jika ingin mendapatkan jenis Kenari F1 super yang berkualitas maka wajib kita harus tau asal usul atau riwayat kelebihan dan kekurangan dari calon indukan sebelum proses persilangan di lakukan.

Hal tersebut bertujuan agar persilangan kedua jenis Kenari sukses hingga mendapatkan peranakan Kenari yang berpostur besar dengan warna corak yang unik, cantik, serta suara bagus sehingga menghasilkan jenis Kenari F1 super yang berkualitas.

Untuk itu, kita harus menyilangkan kedua jenis Kenari yang masing-masing memiliki kelebihan. Seperti betina Kenari lokal yang memiliki suara dan volume serta cengkok yang bagus dengan Kenari Yorkshire yang memiliki corak warna unik dengan berpostur besar.

Maka, jika nantinya proses persilangan yang kita lakukan sukses hingga menurunkan anakan dari kedua pasangan Kenari tersebut, hasilnya adalah anakan Kenari lokal dan Kenari Yorkshire tadi akan memiliki kelebihan. Yakni, Kenari F1 super dengan postur besar, bersuara bagus serta memiliki corak warna yang cantik. (*)

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here