2nd Anniversary KNI Solo Raya (29/09/19), Murai Batu Super Sonik Cetak Double Winner

F1 Pak Untung, tak nyangka murainya bisa menang

Kontesburung.com – Komunitas Konin Solo Raya feat BnR menggelar lomba bertitel 2nd Anniversary Konin Solo Raya di Hypermart Goro As-sallam Solo,  Jawa Tengah. Apa yang menarik dari even yang digelar di penghujung bulan September ini? 

Meski gawe BnR ini notabene adalah even komunitas burung konin, tapi kelas murai batu masih menjadi tontonan sekaligus persaingan yang menarik. Ya, kelas Murai Batu Best of The Best memang menyuguhkan aroma persaingan yang ketat. Tiket dikelas ini nominalnya 200 ribu dan panitia membatasi peserta hanya 36 gantangan saja dan semua diborong peserta alias full. Menariknya peserta diperbolehkan masuk di arena lomba. Meski ada sedikit suara penonton yang memberikan support kepada burungnya, namun secara keseluruhan kelas ini berjalan dengan baik.

F2 KNI Jogja rame rame ke Solo

Muncul sebagai jawara di kelas ini adalah murai batu Super Sonik milik Edo Pratama dan Sentot Kosek. Bertarung di gantangan no 45, Super Sonik ngerol nembak dari awal hingga akhir lomba. Burung asal Aceh ini sangat solid ketika membawakan lagu-lagunya seperti cililin dan kenari. Tak heran bila akhirnya Super Sonik dipilih juri menjadi jawara di kelas ini. Pujian,  aplaus, acungan jempol serta ucapan selamat pun diucapkan silih berganti oleh kicau mania kepada Sentot Kosek. Prestasi dikelas utama ini kembali diulang Supersonik di kelas Murai Batu BnR. Alhasil, Super Sonik mencetak doble winner di lomba ini.

F3 KNI Karanganyar dukung lomba ini

“Alhamdulillah, hasil yang sungguh tidak terduga. Tujuan saya datang kesini sebenarnya hanya untuk ngguyupi teman-teman,” ujar Sentot yang bakal menyiapkan Supersonik di event Balaikambang Kumandang # 4 nanti.

Partai menarik lainnya ada di kelas Murai Batu Champion. Dikelas ini 60 gantangan yang disediakan panitia ludes terjual. Seperti halnya kelas Murai Batu Best of The Best, peserta juga diperbolehkan memasuki arena lomba. Lantaran banyak, suara-suara peserta sulit dikendalikan sehingga mengganggu konsentrasi juri saat bertugas. Tak pelak, melalui pengeras suara koordinator juri berupaya meminta peserta untuk tidak mengeluarkan suara. Meski tidak 100 persen hilang, suara penonton sediikit berkurang dan lomba kembali berjalan normal.

F4 Super Donic dapat aplaus dari peserta

Nah, setelah melalui seleksi ketat, keluar sebagai juara dikelas ini adalah murai batu Blazer milik Mr.Untung dari Solo. Murai batu yang 2 minggu lalu meraih runner-up di ajang Jack Pot ini menyanyikan lagunya yang panjang-panjang siang itu. Selain itu tonjolan-tonjolan nya juga kerap keluar. Meski tidak menang mutlak, Blazer dinobatkan juri naik podium pertama.

“Blazer sebenarnya tidak dalam performa puncak, kurang kenceng. Tapi itu sudah cukup untuk membawa Blazer ke tangga juara, ” ucap Mr. Untung tak bisa menyembunyikan kegembiraannya.

F5 KNI Semarang rame rame sambangi Solo

Sementara itu ajang komunitas, Volvo milik Hartono Setyo alias Tiok dari KNI Boyolali tampil perkasa dikelas Konin B Soloraya. Menurut Tiok, Volvo kerap nyatol bila dilombakan, baik skala komunitas maupun umum. Keistimewaan Volvo terletak pada volumenya yang selalu mempesona juri.

Selain Volvo, burung endemik Sulawesi lainnya yang siang itu tampil cantik adalah Sakral milik Cendol Dawet dari KBS/Duta Suro Cup 2. Sakral mencetak double atau podium pertama di dua kelas sekaligus yakni Konin BNR B dan Konin RN 7 A.

F6 Volvo selalu nyantol juara setiap turun lomba

Event yang digelar untuk memperingati berdirinya KNI Solo Raya ini secara keseluruhan berjalan lancar dan mulus. Komunitas Konin se-Jawa Tengah dan DIY hadir di arena ini. Selain itu,  Konin Surabaya pun ikut berpartisipasi dalam ajang ini. Tak heran bila dari 8 kelas yang disediakan panitia, 60 Gantangan full semua.

Menurut Iful Sugara, ketua BnR Jogja, persiapan event ini sekitar satu setengah bulan. Lantaran hingga saat ini  pengurus BnR Solo vakum maka Bnr Jogja yang mengambil kendali event ini. “Terimakasih kepada teman-teman komunitas yang sudah berpartisipasi dalam lomba ini, ” ujar Bang Iful sambil menambahkan bahwa BnR bakal menggelar lomba fantastis dengan tiket 10 juta 15 Desember nanti. Yon

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here