Connect with us

Breeding

SKN Jibril BF Indramayu, Luncurkan  Anti Tetelo, Ini Dia Hasilnya

KONBUR Tayang

:

SKN BF Indramayu
Sukana Sang penmun SKN Vit

Menangkar burung khususnya murai batu kini tidak hanya sekedar hobi. Bahkan sudah menjadi sebuah industri yang bisa meningkatkan taraf ekonomi kerakyatan di masyarakat. Namun, problem penyakit seperti tetelo dan egg binding yang kerap menyerang pasangan burung indukan  menjadi salah satu kendalanya. Untuk mengatasinya, SKN  mencoba  memberikan solusinya.

SKN Jibril Bird Farm milik Sukana sejatinya adalah breeder murai batu yang dibangunnya sejak dua tahun silam di Kecamatan Haur Geulis  Indramayu Jawa Barat. Kesuksesannya tidak hanya produksinya yang lancar tapi ia juga sering diminta rekan-rekannya cara merawat settingan burung dilomba biar moncer.

Lazimnya penangkar, diawal pengalaman sebagai peternak masalah muncul ketika beberapa indukan jantan maupun betinanya selalu terkena serangan tetelo. Indukan yang tadinya sehat tiba-tiba lemas sakit tanpa sebab. Serangan virus ini biasanya tanpa diduga, saat ditangkringan mendadak jatuh, dan sakit berakhir dengan kematian.

Tidak hanya pejantan, indukan betinannya juga paling sering terkena jenis tetelo hingga masalah egg binding atau gagal dalam bertelur.  Penyakit tersebut ditandai indukan betina tampak lesu dengan bulunya yang mengembang, kondisi kesehatan burung terus menurun dan berujung pada kematian.

SKN BF Indramayu

SKN Vit Mulai Diluncurkan

Dari pengamatannya, kondisi ini biasanya menyerang pasangan-pasangan indukan yang sedang diternakan karena kondisi kandang  tidak bersih, dan cenderung terlalu lembab akibat kurang cahaya sinar matahari.

Dari informasi dan berbagi pengalaman antarpeternak  dengan masalah yang sama, membuatnya tergerak untuk mencari solusinya untuk menangkal penyakit tersebut. Hampir setahun lebih dia terus menelitinya. “Alhamdulillah akhirnya ketemu juga solusinya. Saya gunakan sendiri untuk burung-burung saya yang sakit, dengan racikan dan ramuan dari bahan herbal, diobati langsung sembuh, burung kembali sehat berproduksi,  ” ucapnya.

SKN BF Indramayu

Pemberian Pada Murai Batu

Sejak itu burung-burung indukan yang diternaknya aman dari serangan tetelo maupun egg binding. Produktifitasnya pun mengalir deras. Beberapa rekan penangkar disarankannya menggunakan ramuan dan racikan penemuannya dari bahan alami tersebut. Hasilnya, sama seperti penangkarannya, burung kembali sehat dan normal berproduksi.

Atas saran rekan-rekannya diapun membuat produk tersebut dalam bentuk kemasan dengan merek SKN Vit.  “Ramuan ini  berbahan baku herbal  alami tanpa menggunakan bahan pengawet dan bisa digunakan dalam jangka waktu panjang tanpa efek samping. Ini produk asli hasil karya anak bangsa,” jelasnya.

Keberhasilannya ini sudah dibuktikannya oleh rekan-rekan peternak dari berbagai dartah yang sudah menggunakannya. Simak saja testimoni Om Vhen kicaumania dari Nusa Tenggara Barat (NTB) “Burung saya terkena tetelo sudah lebih dari dua bulan lebih, diobati berbagai macam obat tanpa hasil. Akhirnya saya coba pakai SKN Vit ini, diberikan pagi, siang dan sore dalam seminggu burung langsung sehat lagi,” ungkap Vhen.

SKN BF Indramayu

Cocok Untuk Segala Jenis Burung

Menurut Sukana, cara pengobatan dengan SKN Vit dengan obat tetes dimulut burung sama seperti obat tetes pada umumnya. Untuk penyakit Tetelo dan Egg Binding aturan 1-2 tetes untuk burung umur 1-2 bulan. Dosis pemberian diberikan sehari dua kali pagi dan sore. Diberikan secara rutin selama satu minggu.

Sedangkan untuk masa pengobatan burung dewasa dosis 3-4 tetes  diberikan pagi, siang dan sore untuk masa pengobatan. Pemberian dilakukan selama satu minggu.. Hasilnya sudah terbukti, teman-teman penangkar sudah membuktikannya, kebetulan pasien saya umumnya penangkar dari berbagai kota bahkan luar pulau,” jelas Sukana.

Selain untuk murai batu juga visa diberikan untuk jenis-jenis burung lainnya. Kini produk SKN Vit sudah diluncurkan, namun hanya dikalangan terbatas antar teman dan sesame grup lewat media sosial, khususnya kalangan komunitas para breeder murai batu.

Namun, buat kicaumania yang ingin lebih mengetahui lebih detail bisal langsung ke markas SKN Jibril Bird Farm di Jl.Pemuda Blok 2 Rt 03/ Rw 02 Ds.Karang Tumaritis Kec.Haurgeulis, Indramayu Jawa Barat. *kb4

Advertisement
Klik untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Breeding

Mencetak Kualitas Kenari YS Hebat di TJM BF Casol Bogor, Anakannya Banyak Diminati Kicaumania

Published

on

Breeding Kenari TJM BF Casol Bogor
Breeding Kenari YS TJM Bird Farm Bogor

Jenis Kenari Yorkshire (YS) lokal konon lebih mahal harganya ketimbang impor. Banyak keunggulan dari hasil ternakan lokal ini. TJM Casol BF sukses membudidayakan ratusan ekor pasang indukan YS dengan anakan yang berkualitas hebat yang banyak diminati.

Breeding Kenari TJM BF Casol Bogor
Joko TJM dikandang ternak.

Ternakan lokal yang dikembangkan Joko TJM Casol berasal dari indukan impor. Burung-burung yang baru didatangkan,  biasanya dikondisikan terlebih dahulu sebelum masuk kandang ternak di Jl Sawo Jajar  (samping Pegadaian) No, 22 B (WA 08159761815), Pasar Anyar, Bogor.

Adaptasi lingkungan baru, pakan, minuman vitamin dan lainnya. Karena kondisi cuaca disini tentu berbeda dengan dinegara asalnya. Untuk itu setiap harinya ruangan harus menggunakan pendingin udara atau AC. “Disesuaikan dengan negara asalnya,” jelas Joko TJM yang  juga merupakan pengurus BnR Pusat dibidang penangkaran ini.

Breeding Kenari TJM BF Casol Bogor
Kebersihan kandang terus dijaga.

Setelah burung tampak nyaman dengan lingkungan barunya, indukan betina YS di tempatkan di kandang-kandang tersendiri sebelum di kawinkan dengan jantannya. Kedua calon  masing-masing harus sudah cukup umurnya, biasanya berumur di atas 1 tahun  dan bila sudah birahi burung langsung dikawinkan.

Breeding Kenari TJM BF Casol Bogor
Pasangan Produksi.

Jumlah induk betina harus lebih dari satu, ditempatkan dalam kandang terpisah, namun dalam posisi saling berdekatan. Atau bisa juga dengan cara sistim poligami, 1 jantan dan 2 betina dikandang ternak ukuran lebar 40 cm x 50 cm kali panjang 60 cm.. Pasangan indukan kemudian disatukan dalam kandang ternaknya jika sudah berjodoh.

Biasanya masalah yang kerap muncul dikalangan peternak, terutama peternak pemula. dalam proses perjodohan kenari YS adalah induk jantan atau betina lambat atau sulit birahi, sehingga proses perjodohan bisa berlangsung cukup lama.

Breeding Kenari TJM BF Casol Bogor
Poligami 1 jantan 2 betina

Untuk itu agar memacu indukan burung cepat birahi dan produksi, bisa  memberi pakan bernutrisi tinggi, serta pemberian suplemen khusus burung indukan.

Begitu bertelur jantan kemudian dipisah, sementara betina dibiarkan bertelur hingga 2-3 butir. Seminggu kemudian, setelah telur dibuahi, dilihat lewat bantuan sinar akan tampak berwarna gelap, telur-telur tersebut dipindahkan ke pasangan indukan kenari babuan.

Breeding Kenari TJM BF Casol Bogor
Kandang Indukan Babuan

Kenari babuan biasanya jenis kenari-kenari lokal yang berfungsi sebagai pengganti indukan dalam mengerami telur-telur dari kenari YS. Tentunya pasangan indukan juga hasil seleksi, dipilih yang pintar merawat dan mengasuh anakannya.

Diusahakan waktu masa bertelurnya pas, waktu mengawinkan indukan YS bersamaan  dengan waktu kawin pasangan kenari babuan. Jadi dengan begitu saat bertelur waktunya bersamaan kalaupun selisih paling beda sehari atau dua hari,  setelah bertelur seminggu langsung dipindah dan ditukar dengan telur kenari babuan tadi.

Breeding Kenari TJM BF Casol Bogor
Anakan YS Lokal umur 10 hari.

Dengan cara peran indukan babuan itu, dari pengalamannya, anakan yang tumbuh jadi lebih sehat dan cepat besar. Alasannya, kalau perawatan dengan memanen piyikan dan membesarkannya dengan cara handfeeding atau diasuh pemilik beresiko pada ketahanan fisik anakan. Karena bagaimanapun perawatan kenari oleh indukan babuan jauh lebih bagus ketimbang diloloh diasuh oleh pemilik/perawat. *kb4.

Lanjutkan Membaca

Breeding

Harapan Baru dari Silangan Love Bird dengan Parkit, Apakah Bisa ? dan Bagaimana Hasilnya ?

Published

on

Silangan Love Bird dengan Parkit
Jacky dengan indukan yang akan disilangkan

Ada kabar terbaru, ternyata burung love bird bisa disilangkan dengn parkit. Dan ini bukan bualan belaka melainkan sebuah fakta menarik di mana burung love bird dapat disilangkan parkit dengan hasil memuasakan. Sepertinya ada harapan baru dari persilangan aneh ini karena anakan yang lahirkan memiliki karakater perpaduan antara love bird dan parkit selaku induknya.

Persilangan aneh ini berhasil dilakukan Jacky selaku peternak love bird di Delanggu Mojokerto Jawa Timur.  Sebetulnya Jacky merupakan peternak love bird “juara” karena anakan yang dihasilkan banyak yang berprestasi dengan bekal indukan juara.

Silangan Love Bird dengan Parkit
Love Bird dan Parkit yang sudah jodoh.

Di lain kesempatan, ia juga mencoba menyilangkan parkit dengan love bird yang merupakan hasil ternakannya sendiri. Tanpa disangka, parkit dan love bird tadi bisa berjodoh seraya melakukan perkawinan segala. Beberapa hari usai kawin, love bird selaku betinanya bunting hingga bertelur 3 butir.

“Uji coba ini benar-benar membuahkan hasil mas, karena love bird yang berperan sebagai induk betina bisa bertelur. Kepuasan itu pada intinya bukan sekedar induk betina bisa bertelur, tapi yang patut saya banggakan, parkit dan love bird bisa berjodoh hingga bertelur. Padahal biasanya, burung berbeda jenis itu sulit sekali dijodohkan. Dan yang kerap terjadi adalah pertarungan antara keduanya. Tapi kapi ini tidak,” kata Jacky di farmnya, Jl. Raya Jenderal Sudirman No. 22, Kec. Delanggu, Kab. Mojokerto belum lama ini.

Dikatakan, dalam persilangan tersebut, yang diperankan sebagai pejantannya adalah parkit. Sementara betinanya dipilih love bird karena berfungsi sebagai babon cetak. Love bird yang berhasil berjodoh dan berfungsi sebagai betina adalah jenis hijau standar. Sedang parkit yang difungsikan sebagai induk jantan memiliki karakter bulu menarik yakni hijau dengan kombinasi lurik kuning.

Love bird yang disiapkan sebagai betina juga memiliki kemampuan ngekek panjang dengan harapan anakannya nanti juga punya sifat yang sama dengan “ibunya” yakni mampu ngekek panjang. Harapan dari parkit sebagai induk jantan adalah agar anak-anaknya punya bulu-buu menarik dan punya suara “crecetan” yang panjang pula.

Parkit dan love bird tadi baru bisa jodoh setelah masing-masing mencapai puncak birahi yakni berumur lebih dari 1 tahun. “Sedang penjodohannya sendiri dilakukan ketika keduanya masih muda yakni love bird (betina) umur 2 bulan dan parkit (jantan) umur 4 bulan,” terang Jacky detail.

Setelah keduanya mencapai umur lebih dari 1 tahun di kandang breeding, maka melakukan perkawinan dengan efektif. Artinya, dari perkawinan itu, love bird selaku induk betina kemudian mampu bertelur sekitar 3 butir.

“Kemudian telur-telur itu dieraminya selama 14 hari. Dan yang berhasil menetas cuman 1 butir hingga menjadi anakan normal,” terang pria berambut gondrong itu seraya berujar bahwa pihaknya membuka pemasaran love bird hasil breedingnya di Perumahan Graha Ciantra Indah, Blok A3, No 22, Kel. Ciantra, Kec. Cikarang Selatan, Kab. Bekasi.

ANAKAN FI BERSUARA UNIK

Bagaimana anakan hasil persilangan parkit dan love bird (LB) yang dilakukan Jacky? Jacky menjelaskan, bahwa dari 3 telur yang dierami, hanya 1 yang berhasil menetas. Dan satu-satunya anakan ini memiliki karakter yang aneh dan unik. Singkat kata, anakan memiliki karakter perpaduan antara kedua induknya.

Kepalanya mengarah ke parkit atau diwarisi gen bapaknya dalam hal ini parkit. Sementaran tubuhnya diwarisi gen induk betina dalam hal ini love bird. Dengan begitu, badan dari anakan burung blasteran itu adalah mengarah pada love bird. “Sedang bulu-bulunya cenderung serupa induk betina yakni mengarah pada love bird,” terang Jacky.

Ukuran tubuh dari anakan blasteran tadi cenderung lebih kecil dari love bird maupun parkit. “Memang mas, tubuhnya cenderung kecil dan lebih ramping dari love bird maupun parkit. Meski demikian, sekilas dipandang, anakan itu serupa parkit,” paparnya.

Bagaimana dengan suaranya?  Suara dari anakan silangan tersebut adalah perpaduan antara parkit dan love bird. Ia menjelaskan, awalnya anakan itu mengeluarkan suara serupa parkit. Tapi suara berikutnya serupa suara love bird. Demikain seterusnya. “Bahkan ada tanda-tanda ngkekenya panjang,” terangnya seraya berujar ketika anakan blasteran umur 2 – 3 bulan, ia mampu ngkekek antara 7 hingga 15 detik.

PENJODOHAN AWAL DI KANDANG KOLONI

Dalam menyilangkan parkit dan love bird, Jacky tidak malakukannya dengan asal-asalan. Ia menerapkan pola perkawinan ala love bird. Awalnya parkit jantan umur 4 bulan dimasukkan ke dalam kandang koloni yang telah berisi 3 love bird betina. Seluruh love bird betina itu masing-masing berumur 2 bulan.

Silangan Love Bird dengan Parkit
Penjodohhan dikandang koloni.

Kemudian seluruh burung tadi dibiarkan hidup secara alami di dalam kandang koloni. Semakin lama, parkit mau bergabung dan menyatu dengan love bird tadi kendati beda jenis. “Biarkan seluruh burung itu berkumpul sampai dewasa hingga umurnya mencapai 1 tahunan,” terang Jacky.

Setelah terhitung 1 tahun lebih, seluruh burung tadi sudah memasuki masa birahi. Burung parkit selaku pejantan mulai mencari love bird betina yang dirasa cocok menjadi pasangannya. Akhirnya harapan itu tergapai dimana parkit berjodoh dengan salah satu love bird yang ada. Indikasinya, keduanya selalu berduaan dan saling bunyi bersahut-sahutan.

Kalau sudah demikian, kata ia, sepasang burung tersebut dimasukkan ke dalam kandang breeding. Dalam kandang tersebut sudah dilengkapi kotak tempat sarang yang terbuat dari triplek (gelodok). Setelah melakukan perkawinan, love bird (induk betina) akan bunting hingga bertelur di dalam gelodok yang di dalamnya tersedia sarang. “Ada 3 telur yang dihasilkan. Dan hanya satu telur yang berhasil menetas menjadi anakan normal,” terang Jacky seraya berujar anakan yang berhasil menetas itu dibiarkan bersama induknya selama 2 minggu. Baru berikutnya dipindah untuk dipelihara sendiri sampai dewasa (umur 1,5 – 2 bulan). *kb14.

Lanjutkan Membaca

Breeding

Penangkaran Murai Batu TJM Casol BnR Community Depok, Indukan Terbatas Hasilnya Berkualitas

Published

on

Breeding Murai TJM Casol Depok
Ca Faisol dan Joko TJM bersama Bang Boy dan Keukeu

Jenis murai batu semakin tinggi peminatnya. Banyak penangkar yang sudah sukses membudidayakannya, TJM Casol Bird Farm salah satunya. Jumlah indukan dan kandangnya terbatas namun yang terpenting produknya yang berkualitas.

Breeding Murai TJM Casol Depok
Toing Ismail dan Danu awak Kandang TJM Casol

Sudah lebih dari dua tahun Ca Faisol atau kerap disapa Casol dari Cinere Depok bekerjasama dengan Joko TJM Bogor mengembangkan budidaya penangkaran lovebird, kenari dan murai batu. Keduanya sama-sama pengurus BnR Pusat.

Faisol sendiri selama ini sebagai Ketua Bidang Pengembangan dan Bisnis, sementara Joko TJM adalah Ketua Bidang Penangkaran BnR Pusat. “Kebetulan kami kan sama-sama hobi, sekalian melestarikan dengan budidaya penangkaran murai batu, juga kenari dan lovebird,” jelas Casol.

Breeding Murai TJM Casol Depok
Pasca Panen

Selain sukses dengan budidaya penangkaran burung, kenari, lovebird dan murai batu, mereka juga sudah sejak lama sukses meluncurkan sangkar BnR seri BnR Bird Champion dan Merah Putih khusus murai batu dan tebok lovebird.”Kami produksi kedua jenis sangkar sebagian sangkar sekalian membuka kesempatan lapangan kerja,” terangnya lagi.

Breeding Murai Batu Indukan Pilihan

Ada 3 lokasi penangkaran TJM Casol, selain di Cinere Depok untuk lovebird (warna dan durasi), budidaya murai batu di Parung  dan kenari hingga pemasarannya di Bogor. “Untuk pemasarannya kami serahkan pada pak Joko TJM di Bogor,” kata Ca Faisol.

Breeding Murai TJM Casol Depok
Pemasteran sejak dini

Menangkar murai batu buat TJM Casol tidak hanya mengejar kuantitas atau jumlah produktifitas yang dihasilkan, tapi kualitas produk yang diutamakannya. Ini yang sudah dirintis mereka berdua.

Sedangkan untuk urusan penangkarannya, diserahkan kepada Toing Ismail dan Danu yang menjadi awak kandang mengurusi penangkarannya. Khusus murai batu, tidak lebih dari 6 petak kandang, semuanya produksi. Ini sesuai komitmen sang pemilik, tidak mengejar kuantitas atau jumlah produksi tapi lebih mengedepankan pada kualitas.

Breeding Murai TJM Casol Depok
Kandang anakan pasca panen

Beberapa nama burung andalannya di lomba selama ini sudah semuanya masuk kandang ternak. Diantaranya ada Maradona yang ditake-over dari H Mansur, Pekik Setan, Raja Ambon, Joko Tingkir, CJDW dan lainnya.

Semua indukan pejantannya dipertemukan dengan indukan betina-betina unggulan dari trah peternak ternama. Saat ini, produknya sudah  banyak, targetnya diakhir tahun 2019 sudah ada produk TJM Casol yang tampil di lapangan.

Ya, boleh jadi dilihat dari materi indukan pejantan maupun betinanya yang semuanya pilihan dan berkualitas serta sudah prestasi di lapangan. Kelak akan bisa mencetak anak-anak burung berkualitas sehebat indukannya.

Breeding Murai TJM Casol Depok
Anakan Maradona

Kandang dibuat berpetak menggunakan bata merah, lebar 1,5 meter x panjang 2 meter dan tinggi 2,5 meter. Berlantai tanah, bagian atap tertutup,  sirkualisi udara lewat ram kawat bagian depan yang terbuka.

Dengan kandang seperti ini burung lebih nyaman berproduksi.  Anakan dipanen setelah memasuki umur 7-8 hari. Kemudian dipindahkan ke sangkar khusus dilengkapi lampu penghangat, sekaligus pemasangan ring berkode TJM Casol dan BnR Community. Untuk pemberian pakan diloloh oleh perawat.

Breeding Murai TJM Casol Depok
Ca Faisol saat takeover Maradona dari H Mansur

Setelah melewati umur 1,5 bulan anakan dipisah ke sangkar tersendiri. Ditempatkan dengan anakan-anakan yang lainnya, sambil didampingi burung-burung masteran atau isian mulai dari jenis burung kenari, lovebird, celilin, jalak suren, pancawarna, rambatan, cucak cungkok, parkit dan lain-lain. Jadi, anakan atau trotolan yang dipasarkan diumur 2,5 – 3 bulan semuanya sudah dilengkapi memiliki suara isian atau masteran.

Anak-anak burung TJM Casol sudah tersebar ke sejumlah kicaumania dari berbagai kota. Pesanan anakannya terus mengalir. Banderol anakannya terbilang terjangkau, mengingat materi indukannya  semua burung prestasi. Bagi kicaumania yang berminat untuk mendapatkan produk TJM Casol pemasarannya menghubungi TJM Casol BF Ruko Jl. Sawo Jajar No, 22 B, Pasar Anyar, Bogor WA 08159761815. *kb4.

Lanjutkan Membaca