Murai Batu T-Rex Juara Dikelas Utama Anniversary CBCL Jakarta, Ini Dia Rahasianya

Murai Batu T Rex milik Mr.Hugeng Jakarta Barat

Nama murai batu T-Rex kembali jadi perhatian. Prestasinya melesat kembali dalam gelaran Anniversary CBCL bersama NZR Indonesia di Jakarta, Minggu (17/3) lalu. Burung tersebut sukses memetik gelar juara pertama dikelas utama.

Sebenarnya, rencana awal  Mr Hugeng dari Jakarta Barat tidak berniat menurunkan murai batuT-Rex andalannya ini dieven  Anniversary CBCL. Pasalnya, menurut perhitungannya kondisi burung belum siap 100% untuk diturunkan disebuah gelaran yang lumayan ketat persaingannya.

Mengingat burung tersebut yang belum maksimal karena baru selesai rapih mabung masih dalam tahap perawatan. “Saya justru rencana mau menurunkan yang satunya lagi, ternyata burung yang mau diturunkan disini malah mabung, untuk itu saya coba mainkan T-Rex,” jelasnya.

Padahal T-Rex justru disiapkannya untuk diurunkan minggu berikutnya. Namun demikian justru burung ini tampil cemerlang saat diturunkan dikelas utama. Dikelas  Murai Batu Jawara ini dia berhadapan dengan Simba dan Kapal Keruk (KK), yang akhirnya berhasil dihadapinya.

T-Rex memang  bukan burung kemarin sore, lebih dari 4 tahun Mr Hugeng menyimpan gaco yang didapatkan dari seorang  breeder di Bengkulu ini. Ya, T –Rex memang burung ring hasil penangkaran yang didapatkannya dari rekannya Agus Tropis Bengkulu.  

Sudah banyak prestasi yang ditorehkannya. Burung ini memang memiliki materi luar biasa. Isiannya cukup lengkap, terdiri atas suara burung-burung kecil seperti kenari, kolibri, dan serindit. Selain itu juga memiliki tembakan panjang burung cililin yang dibawakannya nyusun-nyusun, serta tonjolan kapas tembak dan cerecetan lovebird.

Selain materi lagu, tentunya didukung durasi kerjanya yang sangat luar biasa. Dari awal hingga akhir nyaris tanpa jeda.

Murai Batu T Rex milik Mr.Hugeng Jakarta Barat
Mr.Hugeng bersama rekan

Perawatan Harian

Sejak menekuni hobinya diburung, Mr Hugeng  memiliki murai batu hebat bernama Meteor, jawara terbaik ditahun diawal tahun 2000an. Burung tersebut boleh dibilang burung legendaris spesialis pemenang lomba nasional. Kemudian setelah Meteor mati, ada Yakuza, Smash dan lainnya sebagai penggantinya. Kini ada T-Rex yang jadi andalannya.

Hingga saat ini dia memang konsisten dijalur murai batu. Dia juga lebih nyaman merawat dan mengkondisikannya sendiri dalam kesehariannya. Pagi sebelum berangkat aktivitas bisnisnya, dia masih menyempatkan merawat T-Rex.

Dalam pemberian ekstra fooding, selain kroto segar yang sudah bersih, setiap pagi, burung diberi 3 ekor jangkrik. Sore harinya, kembali diberikan 3 ekor jangkrik.  Jangkrik yang diberikannya juga tidak sembarangan. Sebelumnya dia memproses jangkriknya sedemikian rupa sebelum diberikan kepada T-Rex.

Jadi, agar jangkrik lebih higienis sehari sebelum diberikan dan dikonsumsi pada burung jangkrik-jangkrik tersebut diberi pakan sayuran. Tidak hanya cukup itu saja, sebelum dikonsumsi jangkrik dibersihkan dengan cara dibilas air hingga benar-benar bersih. Tujuannya untuk menjaga kesehatan pada burung kesayangannya ini.

Untuk kebutuhan mandi dan jemur tergantung kondisi cuaca.  Namun biasanya T-Rex hanya dijemur dalam wakti tidak lebih dari 1 – 2 jam. Mandi setiap hari. Dalam mengkondisikan sebelum turun ke lomba, selain porsi jangkrik yang sama seperti kesehariannya juga diberi tambahan  5-6 ekor ulat hongkong.

Selesai lomba burung dimasukan ke kandang umbar, hingga keesokan harinya burung tetap diumbar. Selain itu, untuk menjaga stamina juga diberikan kebutuhan vitamin untuk T-Rex..

Dan yang lebih penting lagi Mr Hugeng sangat disiplin dalam menurunkan burung kesayangannya ini. Meskipun burung dalam kondisi top form, dia tidak akan menurunkan lebih dari satu kali dalam setiap even. “Cukup turun sekali saja dikelas utama,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, dia juga tidak menurunkan gacoannya ini setiap minggu. Untuk menjaga kondisi burung agar tetap prima, dia lebih suka menurunkannya dua minggu sekali. Dengan perawatan  yang disiplin dan konsisten ini membuahkan hasil maksimal. Burung ini menjadi andalan utamanya disetiap even-even nasional. *kb4.

Twister cup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here