Mr. Baim BSF Bali, Tiap Dua Pekan Ritual Lepas Burung ke Alam

MENEKUNI hobi burung, berlomba ke arena setiap saat, semakin menyadarkan kepekaan seorang Mr. Baim Bali terhadap alam lingkungan. Ketua Pengda Ikatan Notaris Tabanan ini tidak bisa membayangkan bagaimana jika burung mengalami kepunahan satu persatu. Siklus kehidupan alam akan berubah karena mata rantai terputus. Keseimbangan alam akan terganggu dan dipastikan bakal berdampak buruk terhadap kehidupan manusia. Ancaman besar yang dibayangkan itu semakin meneguhkan hati Mr. Baim berada di PBI yang diyakini punya komitmen besar terhadap pelestarian alam.

Sebagai penghobi burung, Mr. Baim punya kewajiban moral untuk mewujudnyatakan kecintaannya pada burung. Beberapa aksi nyata dilakukan. Di antaranya mensupport penuh peternak burung. Beberapa peternak di bawah asuhannya yakni D’Tajun BF berlokasi di Singaraja yang mengembangkan jenis murai batu, kacer dan love bird, BSF BF berlokasi di Jalan Sulatri Denpasar yang mengembangkan murai batu, Choki Choki BF di Jalan Teuku Umar Gang Maruti yang mengembangkan jenis love bird petarung dan warna, dan Jhon Jhon BF di Denpasar yang membiakkan jenis kenari.  Aktif mengembangkan burung di penangkaran setidaknya mengurangi penangkapan burung di alam bebas untuk kepentingan burung lomba.

Tidak itu saja. Penghobi harley davidson, mobil sport, hardtop dan menembak (masuk dalam grup Angle Night Bali) ini juga sejak beberapa tahun rajin melepas burung ke alam bebas. Setiap dua pekan sebanyak 20 ekor burung berbagai jenis dilepas di beberapa titik di wilayah perkantoran Niti Mandala Renon Denpasar. Termasuk kebetulan tepergok Rabu pagi 7/3 2018, salah satu perawat andalnya Jhon Adnyana ikut melepas burung.

Kini, Mr. Baim masih melakukan kajian kemungkinan bakal melepas murai batu tangkapan alam untuk dilepas kembali di wilayah hutan di Bali. Selain itu juga bakal menebar benih ikan di beberapa sungai yang ada. Ikan diyakni bisa membantu menetralisir pencemaran air sungai. Apa yang dilakukan keluarga besar pemilik D&I Skin Care ini  tidak lebih dari wujud implementasi spirit hobi burung yakni menumbuhkan rasa cinta pada alam yang tentu bisa dilakukan oleh rekan-rekan penghobi burung yang lain. *kb3

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here