Genie BC Sidoarjo – Dari Hobi, Bisa Nambah Saudara Tanpa Memandang Status

Bukan sembarang komunitas. Dengan mengatasnamakan dirinya Genie BC Sidoarjo, para pecinta burung itu ternyata sebagian besar anggotanya didominasi tentara aktif.

Yup benar saja, gelaran perdana yang merupakan hasil kolaborasi Bayu Jatim BC feat Dewa 99 Sidoarjo yang digebyar di selatan Vihara Semampir Kota Kediri pada Minggu 13 September 2020 kemarin, ikut pula dimeriahkan tim Genie BC. Tak tanggung-tanggung, 5 armada mobil pun dikerahkan untuk memberangkatkan belasan crew beserta gaco-gaco terbaiknya.

Arief (kiri) Dan Edi, 2 punggawa Genie BC

Menariknya, menurut pengakuan dari Edi Supratman ketua dari Genie BC, bahwa keberangkatan secara bersama-sama seperti kali ini yang mencapai hampir separuh dari jumlah anggota ke luar kota adalah kali pertama yang dilakukan sejak awal berdirinya komunitas pada 15 Oktober 2015 silam. “Terbentur jadwal piket di kesatuan yang tak selalu bersamaan, menjadikan kami sulit untuk bisa berkumpul dalam jumlah banyak, apalagi jika harus ke beberapa lomba burung di luar kota,” ujar Edi.

“Ya maklumlah, karena setidaknya hampir separuh dari jumlah anggota Genie BC saat ini yang mencapai 29 anggota aktif merupakan anggota TNI AD dari Kesatuan Itdam V Brawijaya Surabaya,” saut Arief salah satu punggawa Genie BC yang bermarkas Perumdam V Brawijaya Sawotratap Sidoarjo.

Diungkapkannya pula bahwa dibentuknya Genie BC berawal dari banyaknya penghobi burung berkicau dalam satu kesatuan. Sehingga dengan memiliki satu kesamaan yakni satu hobi yang sama, akhirnya mereka pun membentuk satu wadah yang diberi nama Genie BC yang berawal dari kata Genius.

“Di dalam kesatuan Angkatan Darat, kita memang ada beberapa perkumpulan positif dan salah satunya ya seperti yang kita lakoni ini yang khusus tentang penyaluran hobi burung berkicau,” ujar Arief.

Meski awalnya dibentuk oleh sesama anggota TNI, namun mereka juga merekrut anggota dari luar TNI atau masyarakat umum. “Bahwa lewat hobi lah kita tidak memandang status seseorang, baik itu anggota TNI, pengusaha atau warga biasa. Karena kalau sudah kumpul, kita ini satu saudara sehobi,” ungkap Edi seraya mengatakan bahwa diharapkan lewat hobi, menjadikan kebersamaan sesama penghobi tetap erat dan langgeng, serta mampu menambah persaudaraan yang lebih banyak.

Sementara itu, meski pada tour kali ini belum bisa mengantarkan beberapa amunisi andalan seperti Murai Batu Pancasona, Cucak Ijo Cempreng dan X Men meraih prestasi di beberapa kelas yang diikutinya. Namun mereka cukup yakin, bahwa dengan sedikit polesan saja maka andalannya itu akan bisa tampil lebih powerfull di beberapa even yang akan menjadi tujuan tournya. Salah satunya dengan menyiapkan menuju Anniversary 21 Dewa 99 Medaeng Sidoarjo pada 20 September 2020 mendatang.

“Selain untuk menyalurkan hobi, tujuan kami ke beberapa even adalah ingin menjalin silaturahmi antar kicaumania. Karena di sinilah, kita bisa menemukan saudara baru,” tutup Edi.*

Susunan pengurus :
Ketua : Edi Supratman
Wakil. : Candra
Bendahara. : Minok
Pembina : Letkol Inf. Supriyo

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here