Begini Rawatan Kenari di Musim Hujan dan Pakan Wajib yang Berkualitas

Diantara banyak jenis burung kicauan, merawat burung kenari adalah yang paling mudah hanya saja dimusim pancaroba atau musim peralihan dari musim kemarau ke penghujan burung kenari termasuk burung kecil yang rentan alias mudah terpengaruh kondisi kesehatanya dengan perubahan cuaca.

Adapun penyakit yang sering muncul pada kenari disaat perubahan musim diantaranya kondisi menurun, hal itu ditandai bulu terlihat mekar, burung kurang aktif bergerak dan mulai jarang berkicau.

Bila hal itu dibiarkan bisa memunculkan penyakit baru seperti pilek, napsu makan berkurang dan lainya. Untuk mencegah burung kesayangan tidak drop kondisinya, alias tetap Vit dan rajin berbunyi meski cuaca sering hujan panas.

HADIAS AREMA MALANG, LEBIH 20 TAHUN TEKUNI DUNIA KENARI.

Menurut pria yang akrab dipanggil Hadias Arema salah seorang penggemar kenari sejak muda sekaligus juga pedagang spesial burung kenari yang punya kios dipasar Splindit 1 no. 88 Malang, menjelaskan merawat kenari dimusim hujan yang paling diperhatikan adalah pakan yang diberikan harus yang bagus, artinya yang mengandung protein tinggi dan vitamin lengkap.

Sedikit lebih mahal gak masalah, karena dibanding memberi pakan bijian polosan atau oplosan yang tidak ada tambahan Protein, vitamin dan lainnya jauh lebih bagus pakan kemasan yang harganya sedikit lebih mahal tapi mengandung protein  dan vitamin lengkap yang sangat dibutuhkan kenari.

Kemudian soal penempatan bila cuaca mulai mendung burung sebaiknya ditaruh didalam rumah agar burung tetap merasa hangat.

PAKAN BERKUALITAS AKAN MEMENUHI KEBUTUHAN GIZI HARIAN PADA KENARI AGAR TETAP RAJIN BERKICAU.

Secara runtut perawatan harianya Kenari seperti ini, dimulai dari pagi hari sekitar jam 07.00 krodong dibuka, kemudian bagian bawah sangkar dibersihkan, demikian juga tempat pakan dan tempat minum dibersihkan dan diganti pakan yang baru dan air yang baru (tapi diberikan setelah burung dijemur), kalau ada panas matahari pagi burung dijemur sekitar 1 jam saja.

Setelah dijemur pakan dan minum yang sudah diganti baru dipasang, selanjutnya ditaruh diteras rumah. Bila memeiliki beberapa kenari, sebaiknya dalam menempatkan burung diteras atau didalam rumah tidak usah dikerodong kecuali burung mau diistirahatkan.

Hal itu untuk menjaga agar burung tidak mudah birahi, karena kenari kalau jarang ketemu kenari lain akan mudah birahi. Untuk itu kenari  harus sering ditemukan dengan kenari yang lain.

SAAT ADA MATAHARI PAGI, SEMUA KENARI WAJIB DI JEMUR SEKITAR SATU JAM. BURUNG-BURUNG KENARI DAGANGAN HADI TETAP VIT DAN GACOR MESKI MUSIM PANCAROBA.

Tanda kenari naik birahinya kalau bunyi sambil nempel di samping sangkar. Kenari yang birahi naik bunyinya biasanya cepat dan tidak teratur nadanya jadi kurang enak didengar. Setelah beberapa jam diinginkan diteras rumah, barulah kenari tersebut dimasukkan kedalam rumah sambil dikerodong.

Sore hari sekitar pukul tiga sore krodong dibuka, kenari digantung diteras sekitar satu jam sambil dilihat air minum dan pakannya kalau kurang ditambahi, setelah itu baru dikerodong lagi diistirahatkan sampai besok pagi dirawat kembali seperti biasanya.

Untuk pakan tambahan atau extra fooding bisa dilakukan tiap tiga hari sekali diberikan seiris buah apel merah atau sayur slada. (*)

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here