Tips Perawatan Cucak Hijau Oscar, Masuk Umbaran Tiap Hari

Kalau ada lomba atau latpres didaerah sekitaran Malang nama Oscar seringkali muncul sebagai juara, bahkan tak jarang burung andalan Aditha berhasil nyeri atau hattrick juara satu. Terakhir minggu lalu saat turun dilomba lomba Notaris Dendy Cup digantangan Denpom, Oscar tampil cukup istimewa, main kedua Oscar seperti tak pernah kehabisan tenaga.

Kerja ngotot sambil agak ngentrok dengan mengeluarkan lagu roll panjang dengan sesekali berhenti sebentar untuk tarik napas setelah itu genjot lagi, begitu terus hingga penjurian selesai. Setelah juara satu keduakalinya didapat, tinggal kelas terakhir Oscar diturunkan lagi. Lagi lagi power dan volume tidak susut, kerja bagus seperti penampilan sebelumnya, sehingga juripun mau tidak mau memberinya koncer A mutlak untuk kali yang ketiga.

Dengan hahtricknya Oscar menggu kemarin menurut sang pemilik merupakan prestasi yang kesekian kalinya. “Selama ini saya memang turun hanya dilomba sekitaran Malang raya saja, karena kalau keluar kota tidak bisa sebab tiap hari ada kerjaan,” ujar Aditha yang sudah merawat Oscar selama empat tahun.

Sebagai kicaumania yang menekuni dunia Cucak hijau dari awal bermain burung, tepatnya sejak sembilan tahun lalu, maka merawat Oscar bagi Aditha tidak susah, karena pada dasarnya perawatan cucak hijau tidak sebagaimana yang dibayangkan orang, yang penting menurutnya harus memahami karakternya. “Dengan memahami karakternya maka perlakuan perawatan harian jadi mudah, seperti Oscar ini,” terang pria yang tinggal di Lesanpuro I Rt 3 Rw 3 nomer 18 B Malang.

Seperti perawatan harian Oscar sejak dibuka krodong pagi sekitar pukul 06.00, kandang langsung dibersihkan sambil memberi jangkrik 2 ekor dan pisang lalu dijemur selama satu jam. Setelah dijemur baru dimandikan dengan cara memasukkan cepuk berisi air lalu digantung diteras sampai burung sendiri menunjukkan cukup mandinya. Tandanya burung sudah tidak mau masuk air.

a Pagi pukul 06.00 dibuka krodong sangkar dibersihkan sambil beri jangkrik 2 ekor dan pisang yang baru

Setelah itu baru cepuk mandi dikeluarkan lalu Oscar digantung lagi untuk dianginkan diteras rumah sampai bulunya kering, setelah kering maka dimasukanlah Oscar ke kandang umbaran berukuran tinggi dan lebar @ 1 meter, panjang 3 meter sampai sore hari.

b Selanjutnya dijemur sekitar satu jam dimatahari pagi

Seharian didalam kandang umbaran ini menurut sipemilik agar otot otot dada dan paru paru Oscar tetap terlatih, sehingga burung benar benar selalu fit staminanya.

c Habis dijemur, diturunkan intuk mandi dengan memadukan cepuk isi air lalu digantung di teras
d Setalah mandi cukup, cepuk dikeluarkan lalu dianginkan di teras rumah
e Setelah bulu kering, Oscar masuk kandang umbaran ukuran tinggi 1m, lebar 1m, panjang 3m

Sore sekitar jam 17.00 Oscar dimasukkan kedalam Sangkar lagi sambil diberi jangkrik 1 ekor. Tanpa ditambah pisang, karena pisang yang dari pagi masih cukup begitu juga air minumnya kalau kurang bisa ditambah. Dengan perawan seperti itu, maka kalau mau lomba tanpa ada perlakuan khusus, kalau mau lomba tinggal bawa saja. Dilapangan kalau mau digantung paling diberi jangkrik satu ekor saja.

f Sore sekitar pukul 17.00 Oscar masuk kandang lagi sambil diberi jangkrik satu ekor lalu dikerodong hingga besok pagi
g Sosok Cucak Hijau Oscar milik Aditha yang sering juara satu di Malang

 

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here