Pakan Kenari Melambung Tinggi, Konsumen Pilih Beli Kemasan Lebih Hemat

Kontesburung.com – Hampir beberapa bulan ini harga bijian untuk pakan kenari yang selama ini dikenal dengan Kenari seed naik tinggi, saat ini harga sudah tembus 22.000 per kilonya ditingkat grosir, ditingkat pedagang harga dikisaran 25.000 per kilo.

Belum selesai terkaget kaget dengat harga kenari seed, tiba tiba harga bijian lain yang dibutuhkan untuk pakan kenari seperti Biji Sawi ternyata ikutan langka dan kosong dipasaran, dampaknya secara perlahan harga ikutan naik sampai tembus 35.000 lebih pernah kilogram.

Dengan harga yang diluar kewajaran tersebut ternyata barangnya pun susah didapat. Tak beda pula dengan Niger seed yang berfungsi sebagai penghangat tubuh kenari  juga sempat hilang dipasaran, dampaknya lagi lagi harga secara perlahan tapi pasti terdongkrak naik juga dari harga biasanya.

Kenari Seed harganya terbang tinggi, harga biji sawi juga naik tinggi dan langka di pasaran, Niger seed juga ikut terdongkrak naik tinggi.

Dengan melambung beberapa bijian pakan kenari tersebut, tentu membuat para penggemar kenari klimpungan, apalagi peternak atau pedagang yang kebutuhan bijian tersebut untuk kebutuhan rutinnya cukup besar lebih pusing lagi.

Untung saja naiknya bijian diatas ternyata diikuti dengan banyaknya permintaan kenari sehingga harga kenari dipasaran ikutan naik, sehingga peternak  masih bisa bernapas lega. Termasuk pedagang burung special kenari akhirnya bisa menyesuaikan diri setelah harga kenari ikutan naik.

“Kenaikan biji kenari seed dan biji sawi yang saya katakan ganti harga sempat bikin shok, tapi perlahan lahan kita bisa menyesuaikan diri dengan naiknya harga jual kenari,” terang Hadias Can A Rock pedagang Kenari special lomba yang punya kios dipasar burung Splindit 1 Kios no. 24-25 Malang.

Beli pakan jadi lebih efisien dan praktis, sehingga dapat lebi menghemat pengeluaran.

Masih menurut Hadi, kebutuhan pakan untuk puluhan kenari dikiosnya cukup banyak, meski demikian ia tidak ribet soal pakan, karena selama ini ia menggunakan pakan kemasan olahan pabrik, kalau beli mentahan kemudian mencampur beberapa bijian, membersihkan, mengopen dan sebagainya tidak efektif.

Menurutnya lebih hemat beli kemasan buatan pabrik, dan andalan Hadi lebih sepuluh tahun ini menggunakan Canary Kraft, pakan ini sudah bagus komposisinya dan banyak vitamin nya serta ada kuning telurnya, itu tidak ada dimerek lain.

“Harganya juga tidak mahal, tidak beda jauh dengan pakan kenari kaleng pada umumnya, padahal kualitasnya pada kenari sangat bagus, selain membuat burung rajin bunyi, volumenya jernih, stabil powernya tidak sampai birahi, juga bulunya terlihat lebih terang dan mengkilap, “Jelas Hadi.

Ibarat keluar uang 12.500 sudah dapat pakan seberat sekitar 400 gram, sudah higienis aromanya herbal, sudah lengkap komposisi bijianya, ada kuning telur dan ada ectrak buahnya, siapapun penggemar kenari pasti lebih milih beli pakan yang sudah jadi. (*)

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here