Mengenal Jenis Burung Kolibri Black Sunbird

Black Sunbird (BS) atau dikenal dengan Kolibri Hitam Merupakan salah satu jenis burung kolibri asal Indonesia bagian timur seperti Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Burung dengan nama latin leptocoma aspasia ini sekerang lagi ngetrend buat kolibri mania di Indonesia. Black Sunbird memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan King konin atau lebih besar daripada kolibri ninja/ raja.

Black Sunbird, jantan (kiri) King Konin (kanan) Dok/Fot: google

Burung jantan berwrna dominan hitam dengan mahkota hijau di kepala dan tnggororkan berwarna ungu. Sedangakan betina tidak memiliki warna yang mencolok di dominasi oleh hijau zaitun dan kepala abu-abu tanpa ada warna metalik sedikitpun.

Suara Black Sunbird pun lebih tajam dan volumenya juga lebih keras dibanding jenis kolibri lain. Dengan sedikit paparan diatas sekarang kita tahu tentang perbedaan Black Sunbird jantan dan betina dewasa serta kelebihanya.

Black Sunbird, betina (kiri) jantan (kanan) Dok/Fot: google

Jika mau memelihara burung ini, pilihlah burung yang sudah menunjukan tanda jantan. Pilihlah yang sudah berwarna metalik atau yang sudah muncul trotol meski cuma satu helai karena itu sudah menunjukan jantan.

Black Sunbird betina juga rajin berkicau namun varisai suara dan gaya yang di mainkan masih kalah jauh dengan sang jantan. (*)

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here