News

Mau Menangkar Murai Batu Asli Bahorok atau Marike ? Ada 20 Pasang Siap Dilepas Leuser Birdshop Pekan Baru

Mr Johan Shia Leuser Bird Shop sudah sejak lama dikenal sebagai penyedia murai batu hutan maupun hasil breeding asli Bahorok dan Marike. Selain menyediakan anakan trotolan hasil breeding dan muda hutan, dia akan melepas memborongkan 20 ekor pasang indukan hutan produktif dengan harga spesial.

Bagi penggemar murai batu, pasti mengenal istilah murai batu medan, yang selama ini dikenal dengan kehebatan dan ketangguhannya. Menurut Johan Shia, pemilik Leuser Birdshop sejatinya jenis burung tersebut berasal dari wilayah Bahorok dan Marike.

Kontesd Burung,Pakanbaru Leuser Bird Shop,Foto Jhan Shia
Mr Johan Shia Spesial Penyedia Murai Bahorok Marike

Habitat murai batu ini di kawasan lereng pegunungan di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, yang termasuk areal hutan lindung Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Murai batu asal daerah tersebut memang dikenal kualitasnya.

Menurut Johan, banyak keunggulan dari burung yang dimiliki murai dari wilayah tersebut, baik dari fisik maupun posturnya yang sempurna, rata-rata berpostur besar. Dari kepala, leher, mata paruh dan bentuk badan yang proporsional berbeda dengan murai batu pada umumnya dari daerah lain. Begitu juga dengan kualitas volume suaranya lebih lantang dan keras.

Dari karakternya, juga dikenal memiliki kualitas mental tempur yang baik.  Murai batu Bahorok ini, habitatnya di lereng-lereng pegunungan, wilayah Bahorok, yang termasuk hutan lindung Taman Nasional Gunung Lauser, Sumatera Utara.

Masih dalam suasana Imlek, diawal tahun ini Johan Shia pemilik Leuser Bird Shop  yang sudah 5 tahun merintis penangkarannya akan melepas atau memborongkan 20 pasang indukan dengan harga spesial, sebagian diantaranya 10 pasang indukan produktif dan kini sedang bawa anakan di kandang.

Selain itu 6 pasang sedang bertelur./mengeram dan 4 pasang pasangan jodohan baru masa tahap persiapan produksi. Total harga borongan keseluruhannya diangka Rp 555.000.000.  “Jadi semuanya  ada 20 kandang yang akan kami jual, bulunya juga baru rapih semua, ” jelasnya lagi.

Kontes Burung,Pakanbaru Leuser Bird Shop,Foto Trotolan Bahorok Unggulan
Trotolan Bahorok Unggulan

Ada 5 kandang yang memiliki ekor pejantannya dikisaran 20 cm – 24 cm dan 4 kandang indukan betina yang memiliki panjang ekor sekitar 14 cm – 16 cm. “Hanya empat pasang yang jodohan sendiri, selebihnya jodohan asli alam,” ujarnya

Menurut dia, harga diatas relatif lebih murah bila selama ini dia menjual setiap pasangan indukan produksi. Biasanya, tidak kurang dari Rp 70 juta hingga Rp 85 juta dia menjual pasangan indukan produksi atau sedang bawa anakannya.

Alasannya dijual karena dalam proses fresh indukan dan renovasi kandang. Karena kandang akan direnovasi, indukan kami keluarkan. Ini tentu kesempatan terbaik buat yang minat untuk breeding khusus murai batu Bahorok dan Marike. Bagi yang beruntung bisa mendapatkannya bisa meneruskan trah dari Leuser Bird Shop. “Terutama buat di Jawa dengan anakan yang high quality dari indukan Leuser. Soal pengiriman lintas pulau dan dokumen perijinan lainnya bisa kami bantu,” lanjutnya,.

Di Leuser Birdshop  yang menjadi indukan rata-rata berasal dari asli hutan di kawasan Bahorok dan Marike.  Semuanya original atau asli dari wilayah tersebut dan jodohan alam. Pasangan-pasangan indukan tersebut awalnya dia dapatkan  dengan pesan langsung dari para pemikat warga asli pegunungan tersebut, yang kemudian diternakan kembali di penangkarannya.

Kontes Burung,Pakanbaru Leuser Bird Shop,Foto Murai Muda Prospek
Murai Muda Bahorok Prospek

Menurut Johan, dari  20 pasang indukan tersebut merupakan hasil seleksinya selama ini, dan merupakan indukan terbaiknya di di Leuser Bird Farm, Ada beberapa pasang  indukan favorit bernama L15, L90, L164, L145. “Anakan dari indukan-indukan ini sebagian sudah prestasi dan sudah dikalangan pelanggan saya diberbagai kota,” katanya.

Lantas berapa harga anakan trotolan dari produk Leuser Bird Shop? Karena memiliki kualitas, paling murah dibanderol Rp 9 juta. “Bahkan khusus anakan L90, L15 adan L145 saya jual Rp 15 juta untuk seekor anakan trotolannya,” tambah Johan.

Di ruko sekaligus birdshopnya di Leuser Bird Shop Jl. Soekarno Hatta, Arengka Atas, (samping King Service), Ujung Simpang Arhanudse, Kubang, Pekanbaru Riau. selain 20 pasangan indukan ternakan yang mau diborongkannya, juga terpajang puluhan ekor murai batu muda hutan hingga trotolan hasil ternak yang semuanya asli Bahorok dan Marike.

Dengan memiliki kualitas yang terbaik,  burung-burung jebolan Leuser banyak diminati para muraimania, baik pemain lomba maupun para breeder murai batu. Bagi peminat bisa langsung menghubung Johan Shia di  0853 6381 8888 atau WA. 0853 6381 8888. *kb4

Related Articles

Back to top button