Kapas Tembak dan Cucak Jenggot Mirip Tapi Tak Sama, Berikut Perbedaan Keduanya

Kontesburung.com – Dalam memilih burung yang hampir mempunyai kemiripan yang sama seperti Kapas Tembak dan Cucak Jenggot ada hal yang perlu diperhatikan. Karena kedua burung ini memang memiliki kemiripan yang saling mendekati baik fisik (bodi) maupun suara nya.

Baik kapas tembak maupun Cucak Jenggot, mempunyai suara crecetan yang sama-sama baik untuk dijadikan masteran. Kedua nya juga mempunyai materi ‘ngepik’ yang sama-sama luar biasa. Sehingga dua jenis burung yang gemar memakan buah ini sering di buru oleh kicau mania untuk dijadikan masteran atau sebagai burung pendamping burung lain seperti Murai Batu, Kacer, dan Cucak Hijau, karena dinilai mempunyai materi yang dasyat jika suaranya mampu direkam oleh burung utama (burung yang di master -red).

Burung Cucak Jenggot (fot: istimewa).

Namun, karena kedua nya memiliki kemiripan yang hampir sama, tidak sedikit para kicau mania khususnya bagi para pemula di dunia kicau sering keliru saat membedakan burung kapas tembak dan cucak jenggot.

Berikut, perbedaan simpel pada kedua burung yang bisa dijadikan referensi para pemula saat memilih burung kapas tembak dan cucak jenggot;

Gambar burung Kapas Tembak (fot: istimewa).

Ciri-Ciri Burung Cucak Jenggot
1. Bulu bagian bawah paruh atau sering disebut “Jenggot” berwarna putih dan terlihat sangat jelas.

2. Warna bulu keseluruhan didominasi oleh warna coklat agak tua dan berwarna putih.

3. Warna dibagian dada terlihat cenderung berwarna coklat muda dan putih agak kekuning-kuningan.

4. Tetapi jika burung umurnya semakin tua, umumnya warna kuningnya akan semakin memudar.

5. Jika dicermati lebih saksama, ukuran badan terlihat agak lebih besar daripada kapas tembak.

Lihat ciri pada keduanya.

Ciri-Ciri Burung Kapas Tembak
1. Bulu dibagian bawah paruh (jenggot) berwarna putih namun tidak menonjol seperti pada cucak jenggot. Atau kurang jelas.

2. Warna bulu keseluruhan didominasi oleh warna coklat cenderung tua.

3. Bulu bagian dada berwarna coklat sembur putih atau putih keabu-abuan. Putih kotor.

4. Suara lebih kasar dibanding cucak jenggot.

Kedua burung, baik jantan maupun betina sama-sama memiliki mental yang bagus saat dilombakan, namun kelas lomba kapas tembak dan cucak jenggot sangat jarang yang membuka kelasnya kusus (hanya beberapa daerah). Umumnya, kedua burung akan diikutsertakan pada atau masuk kelas campuran bebas, selebihnya hanya dibuat masteran.

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here