Sangkimaversary 2022 Kembali Hadir Dengan Warna Tersendiri, Koboi BC Dan PSR SF Champion, Sambalado, Endel Hattrick

Sangatta Kicau Mania Bird Club atau lebih dikenal dengan sebutan Sangkima BC merupakan salah satu tim perburungan tertua asal Sangatta Kutai Timur yang keberadaannya tetap eksis sampai saat ini. Selain aktif berlomba ke berbagai daerah di wilayah Kalimantan Timur, Sangkima BC sendiri juga punya lomba tahunan karena di Sangatta memang diberlakukan rollingan oleh Bird Club atau Single Fighter untuk menyelenggarakan lomba dengan jadwal yang sudah diatur sedemikian rupa supaya tidak terjadi benturan. Sehingga tidak hanya sebagai pemain saja kicau mania di Sangatta tentu memiliki kesempatan dan merasakan suka dukanya sebagai penyelenggara perlombaan.

Sangkima BC, Salah satu tim burung tertua di Sangatta Kutim.

Memang sempat vacum beberapa tahun terakhir untuk menyelenggarakan perlombaan karena Pandemi Covid-19, akhirnya ditahun ini tepatnya Minggu (20/11) bertajuk Sangkimaversary 2022 tim beratribut kebesaran jersey warna biru tersebut bisa kembali menggelar lomba dengan sukses dan lancar di Gantangan Cakra Sangatta Selatan.

Pemenang Liga Sangkima BC.
Dilanjutkan Pemotongan tumpeng dan diberikan kepada sesepuh Sangkima BC.

Sangkimaversary 2022 diawali dengan pembacaan doa, pembagian Trophy untuk pemenang liga Sangkima BC yang terus dilaksanakan sebagai penyemangat sesama anggota, pemotongan tumpeng yang dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada tokoh – tokoh yang ikut berjasa dalam perjalanannya tim ini seperti Mr. Eres Zulfikar sebagai pembina, Mr. Arifin, Mr. Nardi, Mr. Joni, Mr. Ibnu.

Mr. Eres Zulfikar Pembina Sangkima BC.

Tercatat 1089 tiket mampu terjual dari meja panitia dan selain kicau mania Sangatta dukungan dari pemain luar kota juga sangat luar biasa seperti dari Wahau, Bengalon, Bontang, Samarinda bahkan ada beberapa rombongan dari Balikpapan.

bersama juri pimpinan Andung Hariyadi CS Samarinda.

Dengan konsep sederhana tetapi meriah Sangkimaversary 2022 mendapatkan kawalan penjurian dari Samarinda pimpinan Andung Hariyadi CS ditambah kekuatan dari Pare Kediri yaitu Harto yang sebelumnya sudah sarat pengalaman malang melintang bersama Federasi Burung Indonesia (FBI).

murai borneo dan cucak hijau jadi primadona sampai saat ini.

Sigit Sedenk sebagai Ketua Panitia menjelaskan bahwa event Sangkimaversary 2022 ini bukan untuk pembanding karena semuanya memakai juri dari luar Sangatta. Tetapi lebih bertujuan untuk menciptakan nuansa baru. “Kami memang ingin punya warna tersendiri jadi pemain supaya tidak bosan, banyak pilihan tentunya semakin bervariasi. Alhamdulillah Juri yang bertugas pada Sangkimaversary 2022 sudah menjalankan tugasnya dengan baik dan maksimal, terbukti tidak ada protes yang berlebihan disepanjang seasion. Kalaupun ada hanya sebatas tanya wajar dari pemain bagaimana dengan kinerja burungnya,” Jelas Sigit Sedenk.

Sukses dan lancar sampai akhir acara.

Ditambahkan pula harapannya Sangkimaversary 2022 bisa di terima oleh kicau mania Sangatta dan seluruh peserta yang hadir. “Tentunya event kami juga bisa dijadikan edukasi dan evaluasi bagi kita semua supaya kicau mania Kutai Timur dan sekitarnya semakin maju,” tambahnya.

Lintas Kicau Mania Kaltim.

Lomba dengan 40 kelas itu digelar bertempo sedang dan silih berganti juara bermunculan ditiap seasionnya. Kelas murai borneo dan cucak hijau menjadi yang terfavorit hingga babak akhir tampak selalu full gantangan. Bahkan ada pemain luar kota yang baru pertama kali berkunjung main di Sangatta tak ragu memuji pemain Sangatta sangat fighter tidak lihat lawan.

Juara Bird Club, Koboi BC Sangatta.

Koboi Bird Club Sangatta hari itu tak bisa terbendung dengan banyak gacoan masuk juara menjadi terbaik Bird Club. Sedangkan PSR SF pimpinan H. Adi Cimot juga ikut mengharumkan nama Kota Bontang untuk mengunci juara Single Fighter terutama bersama Sambalado juara 1,1,1,2 sebagai terbaik cucak hijau.

Juara Single Fighter, PSR SF Bontang.

Kota Bontang juga menempatkan wakil lainnya yaitu Endel milik Nava sebagai terbaik love bird bebas dengan raihan meyakinkan Hattrick bersama bendera Prima 212 BC. Kemenangan ini sangat disyukuri oleh kru Prima 212 Bontang yang masih tetap militan meski gacoan andalan lainnya sudah diboyong Big Bos dr. Ilham Normadina Ke Banjarmasin.

Terbaik Love Bird Bebas Endel, kembali gairahkan Prima 212 Bontang.

Mr. Dimas sebagai juru bicara Prima 212 BC Bontang mengatakan tidak jadi soal sedikit tetapi berisi. “Semoga bersama Endel marwah Prima 212 BC kembali bersinar di peta perburungan Kalimantan Timur,“ jelas Dimas diamini Nova.

Mohon Doa Restunya Sruduk SF 1 Sangatta Punya Gawe (18/12/2022).

Kru Sruduk SF Sangatta juga tampil All Out full tim pada lomba kali ini selain bersilaturahmi juga sekaligus minta doa restu kepada seluruh kicau mania karena pada tanggal 18 Desember 2022 mendatang juga siap menggelar event yang perdana Sruduk SF 1 sebagai agenda tahunannya di Sangatta.

Seluruh kru Sangkima BC mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasinya.

Diakhir perjumpaan Mr. Anas mewakili kru panitia yang bertugas tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh kicau mania yang hadir langsung dilapangan. “Tak lupa kami mewakili kru yang bertugas banyak mengucapkan terima kasih kepada seluruh kicau mania yang turut mensukseskan Sangkimaversary 2022 mohon maaf bila ada kekurangannya di arena lomba, sampai ketemu lagi tahun depan dalam agenda Sangkima BC lainnya,“ tutup Anas.  /// kb5

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here