Rawatan Kenari dimusim Hujan – Wajib Pakan Bagus plus Buah dan Vitamin

Kalau ada sinar matahari Kenari dijemur meski hanya 30 menit

Menghadapi musim hujan sekarang ini dimana suhu malam agak dingin dan kalau pagi sering mendung jarang ada matahari, sering membuat burung khususnya Kenari terlihat diam, kurang aktif dan malas bunyi. Hal itu menurut H.Hasan peternak kenari terbesar dikota Malang umunya dikarenakan kenari kurang energi.

Kurangnya energi karena kalori yang sebelumnya tersimpan dalam tubuh diolah menjadi energi untuk menjaga suhu tubuh burung tetap hangat. Sementara asupan gizi pakan harian kurang bisa memenuhi proteinnya maupun vitaminnya, sehingga kenari yang awalnnya rajin bunyi perlahan lahan jadi malas bunyi. Kasus seperti itulah yang sering terjadi dimusim hujan.

Pakan berkualitas bisa tingkatkan stamina Kenari lebih cepat

Apalagi kenari besar seperti Yorkshire atau turunanya F1, termasuk kenari yang mudah terganggu staminanya kalau pemberian pakan ala kadarnya. Hal itu dikarenakan kenari bertubuh besar membutuhkan asupan harian gizi yang lebih banyak dibanding dengan kenari lokal yang kecil kecil. Kenari besar butuh lebih banyak gizi untuk memenuhi kebutuhan pembakaran energi guna menjaga keseimbangan suhu tubuh tetap hangat.

Kondisi diatas biasanya dialami oleh banyak pemilik kenari rumahan, diamana ia beralasan kalau dirawat seperti biasa saja sudah bunyi. Tapi pas musim hujan kenari mulai malas bunyi, mereka baru bertanya tanya kenapa kenari tidak bunyi seperti biasanya?. Nah kalau sudah seperti itu untuk mengembalikan stamina kenari yang sehat seperti sediakala perlu waktu.

Telur puyuh bisa menambah protein bagi kenari

Misalkan hari ini diberi pakan yang bagus bukan besok atau besok lusa burung langsung kembali rajin bunyi, tetapi perlu waktu bertahap. Yang penting saat musim hujan kenari harus diberi pakan yang berkualitas tinggi, tidak haru mahal. Banyak pakan bagus yang cukup terjangkau bahkan kandungan Proteinnya tinggi, karbohidrat, vitamin dan mineral juga lengkap.

Kemudian agar cepat pulih staminanya bisa diberi kroto 4 butir pagi dan sore, dua hari sekali diberi sayur disela dengan pemberian telur puyuh dan kalau pas ada matahari segera dijemur meski hanya 30 menit sudah cukup. Kenari tidak perlu lama jemur yang penting rutin, kalau tidak ada matahari, maka pakan bagus itulah bisa memenuhi protein untuk sementara waktu.

Sayur berikan dua atau tiga hari sekali saja

Dengan perawatan seperti diatas, bila dilakukan secara rutin, biasanya seminggu kemudian sudah terlihat hasilnya dimana kenari mulai kembali rajin bunyi. Karena bagaimanapun saat ini kenari lagi naik daun dan harganya terus naik, sayang kalau burung yang biasa enak didengarkan kicauanya setiap hari harus terdiam karena kurang gizi akibat kurang baiknya perawatan sipemilik. Selamat mencoba.

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here