Piala Pasundan 3, Minggu 21 April 2019 : Ajak Kicaumania Berwisata ke Bandung

Jelang Piala Pasundan 3

Even Budaya Festival Burung Berkicau termegah akan digelar di Kabupaten Bandung. Bertajuk Piala Pasundan III, di Lanud TNI AU Sulaeman Bandung, 21 April 2019. Gelaran kali  ini dibuka 4 lapangan dengan total 104 kelas yang dilombakan.

Prio Sutrisno, owner Raja Garuda Nusantara (RGN) selaku Event Organizer mengatakan, Piala Pasundan III sekaligus untuk mengenalkan obyek-obyek wisata di wilayah Kabupaten Bandung kepada penghobi burung di seluruh Indonesia.

Jelang Piala Pasundan 3
Lomba yang Nyaman, Aman dan Tertib

“Piala Pasundan III ini merupakan event nasional, yang datang nanti tidak hanya regional tetapi kicaumania dari seluruh Indonesia akan hadir. Ini juga untuk meyakinkan masyarakat bahwa di Kabupaten Bandung itu banyak destinasi wisata yang indah,” ujar Prio Sutrisno, Sabtu (24/3).

Prio berharap, kicaumania yang mengikuti lomba tidak hanya sekadar lomba, tetapi bisa membawa serta keluarganya untuk berwisata. Apalagi, Piala Pasundan III ini bertepatan dengan libur panjang pasca Pemilihan Presiden 17 April dan peringatan Wafat Isa Almasih pada 19 April.

“Kicaumania bisa membawa serta keluarga atau kerabatnya. Karena selain banyak destinasi wisatanya, di Kabupaten Bandung ini juga terkenal wisata kulinernya,” ungkap Prio Sutrisno.

Jelang Piala Pasundan 3
Bakal dihadiri tokoh kicaumania lintas blok

Prio menambahkan, untuk memeriahkan lomba, rencananya kedepan event ini akan dikemas kolaborasi dengan seni dan budaya. Terutama menampilkan karya seni dan budaya khas Jawa Barat untuk menghibur pengunjung.

“Nantinya tidak hanya festival burung saja, kita berencana akan menggandeng seniman sini seperti tari-tarian budaya dan seni lainnya yang juga menjadi ciri khas Jawa Barat,” terang Prio.

Ketua Panitia Piala Pasundan III Asep Demitri menambahkan, lomba burung sekarang bukan hanya sekedar mengadu kualitas kicau, tapi sudah menjadi alternatif mengisi liburan bersama keluarga.

Untuk penginapan, Asep meyakinkan di Kabupaten Bandung banyak tersedia amenitas dengan berbagai fasilitas atau kelas. Selain hotel, Bandung Selatan juga banyak terdapat Homestay yang bisa menjadi alternatif wisatawan.

Jelang Piala Pasundan 3
Selalu Dijubeli peserta

“Mengingat Kabupaten Bandung ini banyak tempat wisata, otomatis fasilitas penginapan sangat tersedia. Khusus event Piala Pasundan III, kita sudah bekerja sama dengan banyak homestay dan hotel yang ada di sini. Yang membutuhkan bantuan booking hotel bisa menghubungi Sigit di nomor 085314305808,” ujar Asep.

Piala Pasundan III akan digelar dalam 4 lapangan dengan aneka burung yang dilombakan. Pemenang akan mendapatkan trophy istimewa. Total hadiah yang disediakan mencapai ratusan juta rupiah. Serta aneka doorprize menarik berupa motor dan lainnya. Panitia lomba menargetkan 6.000 peserta dan 15.000 pengunjung.

Piala Pasundan III hingga saat ini animonya sangat bagus. Untuk pemesanan tiket saja sudah di atas 2.500 tiket saat ini. Terbesit juga di kami untuk menambah lapangan mengingat animonya luar biasa, tapi kita lihat saja nanti,” pungkas Asep.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Bandung Agus Firman Zaini turut memberikan dukungan Piala Pasundan III ini. Dia berharap peserta lomba yang datang dari berbagai daerah bisa menikmati keindahan dan kesejukan Kabupaten Bandung.

Untuk wisata alam, Agus menyebut destinasi wisata paling favorit di Kabupaten Bandung, salah satunya adalah glamping atau glamorous camping di Glamping Lakeside Rancabali, Ciwidey. Selain itu, ada juga Tebing Keraton, Kawah Putih, dan Kamojang.

“Untuk atraksi kawasan wisata, Kabupaten Bandung tak kalah juara. Misalnya, wisata alam Kawah Putih dan Kamojang, destinasi ini sudah dikenal hingga internasional,” ujar Agus.

Selain itu, Kabupaten Bandung juga menawarkan wisata jelajah kopi. Jadi, wisatawan tak hanya sekadar bisa mencicipi, tapi juga melihat langsung keseluruhan proses pembuatan kopi, mulai dari menanam hingga menjadi kopi yang siap dikonsumsi.

“Kabupaten Bandung itu juara internasional kopinya, ada kopi puntang, Gunung Tilu, juga Ciwidey,” ujar Agus.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Kabupaten Bandung juga memiliki banyak destinasi wisata yang ramah keluarga. Ini yang membuat Piala Pasundan III makin seru untuk disambangi bersama keluarga.

“Bandung itu keren. Selalu menjadi destinasi favorit wisatawan. Apalagi cuaca Bandung yang sejuk membuat wisatawan selalu ingin kembali lagi. Landscape alamnya juga sangat menakjubkan. Dan yang pasti destinasinya super lengkap, kulinernya juga beragam.” Ini yang membuat PialaPasundan III di Bandung bakal makin keren,” ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya menyarankan event Piala Pasundan III terus meningkatan kualitasnya. Agar bisa menjadi agenda pariwisata tahunan daerah Jawa Barat. Apalagi ini sudah digelar ketiga kalinya. Waktunya juga harus pasti, tanggal dan bulannya. Sehingga memudahkan wisatawan membuat planning, jika ingin menjajal berwisata ke destinasi Kabupaten Bandung sambil mengikuti lomba.  “Jangan sampai tanggalnya berubah-ubah, karena wisatawan yang jarak menengah dan jauh, itu bisa 1-3 bulan searching, booking dan payment melalui online travel agent. Karena itu, jika berubah-ubah tanggal akan menyulitkan para wisatawan,” kata Menpar Arief Yahya. *kb4.

Khofifah Cup 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here