Pesut Cup I Samarinda, Pestanya Kicau Mania Kaltim Pecah Rekor 1790 Peserta

SAMARINDA KONBUR – Sudah seperti yang diprediksi sebelumnya bahwa lomba burung, “Pesut Cup 1”  Minggu (27/6) di Gantangan Aubry Juanda 6 Samarinda tergelar dengan spektakuler menjadi kenyataan bahkan sangat meriah tanpa ada kendala sedikitpun menjadikan lomba ini yang tersukses dalam kurun waktu 2 tahun terakhir di Pulau Kalimantan. Kicau mania yang datang sangat luar biasa mulai dari Balikpapan, Kutai Kartanegara, Bontang, Sangata Kutai Timur tumplek blek di Samarinda, bahkan terlihat juga ada beberapa yang datang dari Pulau Jawa.

Pesut Cup I Didukung Kicau mania.

Animo yang sangat luar biasa di era Pandemi seperti sekarang ini. Salah satu sebab meledaknya even ini karena kerinduan akan lomba berlabel seperti Pesut Cup ini memang sangat dinantikan kicau mania karena selain bergengsi juga berbobot. Ditambah lagi tidak hanya di Samarinda tetapi di Indonesia dan seluruh dunia sedang mengalami Pandemi Covid-19 sehingga otoritas berwenang masing – masing kota membatasi kegiatannya. Tetapi untuk Samarinda sedikit ada pelonggaran, sehingga menjadi surganya para penghobi lomba burung.

Bos Andong aktif juga mengamankan peserta yang merangsak kedalam arena lomba.

Tak ketinggalan sebab lainnya juga karena nama besar Andong Pesut SF yang sudah berkibar di peta perburungan Nusantara bisa jadi Icon Kota Samarinda karena seluruh daerah di Kalimantan, Sulawesi, Bali, Pulau Jawa sudah di jelajahi semuanya. Kemasan yang cantik murah meriah benar – benar disuguhkan oleh Bos Pesut SF tersebut. Dari Piagam yang eksklusive sampai Thropy yang ciamik istimewa tiada duanya dalam kurun berapa puluh tahun terakhir penyelenggaraan lomba di Kalimantan Timur serta ditambahin Doorprize yang menarik menjadikan kicau mania tak ragu sedikitpun untuk datang berlomba.

Juga dihadiri MC Kawakan Jawa Timur Adi Sniper Blitar.

“Alhamdulillah Pesut Cup I berjalan sukses sesuai rencana. Awalnya sih lomba ini kecil – kecilan saja mas, untuk happy – happyan kita semua karena tujuannya hanya untuk pesta kicau mania saja. Namun animo teman – teman kicau mania sangat luar biasa. Tak lupa saya banyak mengucapkan terima kasih atas supportnya mohon maaf bila masih ada yang kurang dari lapangan lomba,” tegas bos dengan nama lengkap Indra Andong Pesut SF Samarinda.

Rata – rata selalu Full 72 Gantangan.

Dilaporkan dari meja panitia tiket yang terjual tembus diangka 1790 peserta menjadi pecah rekor tersendiri dengan rata – rata full 72 gantangan per sesionnya dari 36 kelas lomba yang ditawarkan. Bahkan sebelum lomba dimulai pun tiket kelas cucak hijau, murai borneo seasion 1-3 dengan 72 gantangan sudah ludes terjual. Ditambah kelas love bird balibu dan fighter session 1-3 dengan 48 gantangan juga sudah terboking semua. Nama – nama kelas lomba memang sengaja diambil dari gacoan kesayangan Bos Andong yang sudah melegenda dikelasnya seperti Awewe, Selebor, Jahanam, Amel.

Nama kelas lomba diambil dari gacdoan kesayangan.

“Lomba ini murni hoby tanpa ada pikiran untung rugi sedikitpun. Sudah lama kita tidak kumpul satu titik seperti ini yang tentunya juga dirindukan oleh seluruh kicau mania sekaligus bersilaturahmi. Yang terpenting even Pesut Cup I bisa terselenggara dengan sukses, aman dan lancar sampai akhir meski kita lihat bersama jubelan peserta merangsak ke tepi gantangan yang terpenting juri kita juga tetap fokus tanpa pilih – pilih burung yang layak tentu juara. Bila teman – teman kicau mania puas pulang dengan bangga kamipun juga sangat senang. Pesut Cup I biar jadi bagian dari sejarah perlombaan di Samarinda. Kedepan pasti saya konsep lagi buat even selanjutnya yang lebih besar,” sambung Bos Andong yang murah senyum tersebut.

Koalisi bersatu

Pada lomba yang penuh gengsi itu Galaxy BC Samarinda dengan kekuatan penuhnya ditambah dukungan koalisi bersatu bisa keluar sebagai juara Bird Club 2.850 poin dengan menguasai perolehan beberapa burung terbaik seperti Kacer Bebas Semut Ireng, Cucak Hijau Tasbih, Love Bird Fighter R125, Love Bird Paud RX 11, Conin Black Fast, Pleci Naga Mek.

Galaxy BC Samarinda

Mr. Awie pentolan Galaxy BC sangat puas dengan torehan ini selain even berlabel besar juga bergengsi. “Jelas puas om bisa menggapai juara di lomba segede Pesut Cup I ini. Kekompakan dan support seluruh tim sangat luar biasa tiada lelah mulai dari star lomba dibunyikan sampai akhir. Saya mewakili Pembina Galaxy BC Ko Edgard yang tidak bisa hadir mengucapkan banyak terima kasih atas supportnya,” jelas Mr. Awie.

Juara burung terbaik dikuasai galaxy BC.

Ditambahkan pula bahwa sampai saat ini Galaxy BC selalu welcome bila mana ada kicau mania yang mau bergabung. “Galaxy BC terbuka untuk umum kami welcome saja bagi kicau mania yang ingin bergabung,” tambahnya.

RPD BC Samarinda Seberang.

Sedangkan Runner Up Bird Club ditempati RPD BC Samarinda Seberang 1.475 poin dengan menempatkan Kacer legendaries Maharaja dan Kenari Thor sebagai terbaik. Untuk pemenang Single Fighter adalah H. Didit Kaisar SF Samarinda bersama terbaik Murai Borneo Suramadu disusul V3 BKS SF sebagai Runner Up yang digawangi Nanda CS. Dan terbaik Love Bird bebas Aksi dimenangi Xenia milik Aing Padepokan SF.

Kaisar SF Samarinda.
V3 BKS SF Samarinda.

Even ini juga sebagai ajang unjuk gigi pemain luar kota seperti Mr. Hary King salah satu kacer mania sejati dari Balikpapan bersama gacoan lawasnya Sapu Rata bisa masuk 4 di kelas Kacer Bebas A dan juara 1 di Kelas Kacer bebas B. namun prestasi ini tidak dilanjutkan pada sesi berikutnya dikarenakan sang empunya harus lekas kembali ke Balikpapan dikarenakan akan piket malam.

Mr. Hary king Balikpapan Bangga bisa antarkan Sapu rata masuk juara 1 dan 4

“Sebenarnya sangat sayang tidak bisa dilanjutkan pas penampilan Sapu Rata lagi On Fire. Tetapi kelas berikutnya sangat sore saya ada piket di kantor jadi cukup puas bisa mencicipi gelar juara 1 dan 4 apalagi lombanya sangat meriah seperti ini,” ucap Mr. Hary King yang juga anggota Polda Kaltim tersebut.

Kicau mania Sungai Mariam Anggana Kutai Kartanegara (Kukar) yang tidak pernah pudar semangatnya kali ini ingin kembali mengorbit bersama pimpinan H. Alang, Indra Olong dan Anton Tante Lisa dengan tujuan utama ingin mewadahi kicau mania Anggana dan sekitarnya. Memang mulai dahulu kicau mania daerah Sungai Mariam Anggana sangat banyak tetapi karena main sendiri – sendiri sehingga tidak pernah terlihat di peta perburungan Kaltim. Dengan dibentuknya Sungai Mariam Bird Team ini diharapkan oleh H. Alang teman – teman kicau mania Anggana bisa bersatu.

Sungai Mariam Bird Team Anggana Kukar.

“Iya mas kami mewadahi kicau mania Anggana Raya untuk bersatu kita tahu di Anggana sendiri banyak sekali kicau mania kalau bisa bersatu tentu bisa jadi kekuatan tersendiri. Moto kita banyak teman adalah banyak saudara karena dalam hobi lomba burung tentunya kita mencari keluarga,” ungkap H. Alang diamini Indra Olong.

Sementara itu Andung Harijadi Ketua Pelaksana diakhir lomba mengatakan sangat puas dengan kinerja seluruh kru panitia dan juri. “Sangat puas bisa mengawal lomba sehebat Pesut Cup I ini mas. Mulai awal pesanan tiket sudah sangat luar biasa sampai akhir lomba. Kami mewakili panitia Pesut Cup I sangat berterima kasih atas support seluruh kicau mania, mohon maaf bila masih ada kekurangan dalam penyelenggaraan lomba tim kami sudah maksimal dalam menjalankan tugasnya. Sampai ketemu dalam gelaran kami lainnya,” pungkas Andung Harijadi. //// kb5afd

Data Juara Pesut Cup I Samarinda : Galaxy BC dan Kaisar SF Champion

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here