Perang Bintang Jawara Bali dan Lombok di LDB Seri VI Sanur, Mang Bagus dan Prabu Arya Naik Singasana

Liga Derkuku Bali seri keenam, Minggu 16 September 2018 kemarin di lapangan Bet Ngandang Sanur Denpasar terasa istimewa dari seri sebelumnya. Pasalnya ketika persaingan mulai semakin memanas, deku mania Lombok ikut gerah ingin mencicipi pertarungan LDB 2018 di Bali.

HAPPY: Deku Mania Bali Yang Penting Happysa

Kehadiran I.Link Soeltan dari Selong Lombok Timur bersama pasukannya membuat persaingan bertambah sengit. Deku mania Lombok tidak saja turun di kelas dewasa senior tetapi juga di junior. Deku mania Bali pun menyambut hangat kehadiran pemain dari Lombok. Silaturahmi harus tetap dijaga agar budaya adiluhung warisan nenek moyang ini bisa terus berkembang.

sa
BALI LOMBOK: Berjalan Bersama

Dengan mendatangkan juri senior dari Jawa dan dua juri pemula dari Bali penilaian berjalan fairplay. Peserta yang sangat terbatas semakin jelas setiap burung yang bersuara. Juri tidak saja memberikan penilaian secara akurat, tetapi di lapangan para juri juga memberikan pembelajaran kepada deku mania sehingga pemahaman terhadap suara burung semakin tajam.

sa
SILATURAHMI: Bangun Guyub Rukun Deku Mania Bali Lombok

Bahkan sharing menjadi bagian penting yang selalu dilakukan ketika dekumania berkumpul dalam satu event seperti LDB.  Saling tukar informasi diyakini bakal menambah ilmu dan sekaligus memperluas jaringan derkuku di Bali-Lombok dan Nusantara.

sa
JURI: Tunjukkan Profesionalismenya Melalui Hasil Penilaiannya yang Akurat

Jika deku mania Bali mulai bangkit dari kuburnya dan kini sudah mulai menuju ke era baru, begitu juga deku mania Lombok yang sudah semakin mapan di kalangan bawah. Bahkan dalam satu event di Lombok peserta bisa mencapai 190 peserta. Dan dengan terpaksa lomba digelar dua kali dalam satu hari karena gantangan terbatas.

sa
MANG BAGUS: Terbaik Senior

LDB menjadi media kebangkitan derkuku Bali. Sejak LDB dibuka, tidak sedikit penggemar derkuku berburu gaco skala nasional dengan menggelontorkan puluhan juta rupiah. Kini banyak gaco berkualitas plus plus plus bermukin di Bali dan siap go public. Seperti tampak pada LDB kemarin, gaco-gaco yang turun rata-rata berkualitas istimewa.

Mang Bagus milik Ardhana bergelang B2W sejak babak pertama sudah menunjukkan anggungannya dengan sempurna. Banyak pesaingnya seperti Tak Kuduga debutan Rais, Leak Bali kepunyaan Komang, Wins Solussion milik H Tofik serta Jayang Rana milik I.Link Soultan, namun harus puas di bawah Mang Bagus.

sa
PRABU ARYA: Terbaik Junior

Jika di kelas dewasa senior dikuasai Bali, berbeda dengan di kelas dewasa junior. Prabu Arya yang diusung Arya dari Terara Lombok sukses menampilkan anggungan terbaiknya dan berhak berada di posisi puncak. Prabu Arya dipepet Gande Suara debutan Bagus Wirawan bergelang IBW yang juga tidak kalah suaranya.

sa
RAIS: Alih Profesi Jadi Perekaf. Hasilnya Pas

Pertarungan masih terus berlanjut. Masih menyisakan empat seri lagi untuk menentukan derkuku terbaik di LDB tahun 2018. Made Tendha ketua PPDSI Bali mewakili panitia mengucapkan terimakasih kepada seluruh deku mania yang sudah hadir seraya memohon maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan. *kb3

Twister cup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here