Pentingnya Sayuran Buat Kenari, Kandungan Seratnya Membuat Anti Gemuk

Sawi hijau daun bulat juga bisa jadi alternatif untuk penuhi serat pada kenari

Kita mengenal kenari sebagai burung kecil jenis Fich pemakan bijian, karena taunya pemakan bijian itulah seringkali para pemilik kenari sering kali menjaga kesehatan burung kesayangannya agar tetap rajin bunyi hanya pengandalkan memberi pakan bijian kemasan pabrik yang didalamnya berisi aneka jenis bijian dengan tambahan komposisi vitamin, mineral, madu dan sebagainya.

Memang pakan buatan pabrik memiliki kualitas bagus, karena selain diproses secara higienis komposisi campuran berbagai bijian yang ada didalamnya sudah diukur sesuai dengan kebutuhan gizi kenari setiap harinya.  Dengan pemberian pakan seperti itu sebenarnya kenari sudah bisa sehat dan tetap rajin bunyi, hanya saja dalam keadaan tertentu misalkan Kenari untuk lomba tetap memerlukan pakan tambahan untuk mendongkrak staminanya.

Sawi putih yang segar sangat disuka karena daunnya getas

Tambahan pakan tersebut dikenal dengan istilah extra fooding. Adapun macam extra fooding  bisa berupa kuning telur, madu yang dicampur pada air minumnya, kadang kroto dalam jumlah sedikit sekali ( 5 biji) dan lainnya. Tidak sedikit penggemar kenari yang mengabaikan memberinya sayuran. Memang tanpa sayuran kenari tetap rajin bunyi selama pemenuhan gizinya terpenuhi. Tapi perlu diingat, lama lama kalau kelebihan gizi bisa menyebabkan kenari perlahan lahan menjadi gemuk.

Kalau sudah masalah kegemukan yang dialami kenari, maka burung tersebut akan mulai dirasakan malas berbunyi, kalau dibiarkan lama lama macet dan gerakan tidak lincah sebagaimana sebelumnya. Nah, faktor kegemukan itu biasanya diakibatkan burung kenari tidak pernah diberikan sayuran.

Jenis sayuran apa saja yang bagus untuk kenari?, menurut H.Hasan peternak kenari terbesar di Malang sebenarnya cukup  banyak jenis sayuran yang bisa diberikan untuk kenari. Tapi ia lebih suka memberinya sayuran berupa sawi putih. Karena selain mudah didapat juga cukup efektif untuk menjaga tubuh kenari tidak gemuk.

Sawi hijau bagus untuk jaga kenari dari kegemukan

Selain untuk menjaga kenari dari kegemukan, sayuran sangat diperlukan untuk menurunkan birahi. Biasanya kenari lomba atau kenari untuk ternak kalau jarang dikawinkan mudah meningkat birahinya, kalau birahi memuncak dan tidak terkontrol akan membuat burung cabuti bulu dada.

Untuk mencegah hal itu, salah satunya adalah memberinya pakan berupa sayuran minimal tiga hari sekali. Gunanya adalah untuk memenuhi kebutuhan serat bagi burung guna memperbaiki metabolisme tubuh yang akhirnya dapat menurunkan birahi burung sekaligus menjaga burung dari kegemukan.

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here