Penangkaran Murai Batu TJM Casol BnR Community Depok, Indukan Terbatas Hasilnya Berkualitas

Breeding Murai TJM Casol Depok

Jenis murai batu semakin tinggi peminatnya. Banyak penangkar yang sudah sukses membudidayakannya, TJM Casol Bird Farm salah satunya. Jumlah indukan dan kandangnya terbatas namun yang terpenting produknya yang berkualitas.

Breeding Murai TJM Casol Depok
Toing Ismail dan Danu awak Kandang TJM Casol

Sudah lebih dari dua tahun Ca Faisol atau kerap disapa Casol dari Cinere Depok bekerjasama dengan Joko TJM Bogor mengembangkan budidaya penangkaran lovebird, kenari dan murai batu. Keduanya sama-sama pengurus BnR Pusat.

Faisol sendiri selama ini sebagai Ketua Bidang Pengembangan dan Bisnis, sementara Joko TJM adalah Ketua Bidang Penangkaran BnR Pusat. “Kebetulan kami kan sama-sama hobi, sekalian melestarikan dengan budidaya penangkaran murai batu, juga kenari dan lovebird,” jelas Casol.

Breeding Murai TJM Casol Depok
Pasca Panen

Selain sukses dengan budidaya penangkaran burung, kenari, lovebird dan murai batu, mereka juga sudah sejak lama sukses meluncurkan sangkar BnR seri BnR Bird Champion dan Merah Putih khusus murai batu dan tebok lovebird.”Kami produksi kedua jenis sangkar sebagian sangkar sekalian membuka kesempatan lapangan kerja,” terangnya lagi.

Breeding Murai Batu Indukan Pilihan

Ada 3 lokasi penangkaran TJM Casol, selain di Cinere Depok untuk lovebird (warna dan durasi), budidaya murai batu di Parung  dan kenari hingga pemasarannya di Bogor. “Untuk pemasarannya kami serahkan pada pak Joko TJM di Bogor,” kata Ca Faisol.

Breeding Murai TJM Casol Depok
Pemasteran sejak dini

Menangkar murai batu buat TJM Casol tidak hanya mengejar kuantitas atau jumlah produktifitas yang dihasilkan, tapi kualitas produk yang diutamakannya. Ini yang sudah dirintis mereka berdua.

Sedangkan untuk urusan penangkarannya, diserahkan kepada Toing Ismail dan Danu yang menjadi awak kandang mengurusi penangkarannya. Khusus murai batu, tidak lebih dari 6 petak kandang, semuanya produksi. Ini sesuai komitmen sang pemilik, tidak mengejar kuantitas atau jumlah produksi tapi lebih mengedepankan pada kualitas.

Breeding Murai TJM Casol Depok
Kandang anakan pasca panen

Beberapa nama burung andalannya di lomba selama ini sudah semuanya masuk kandang ternak. Diantaranya ada Maradona yang ditake-over dari H Mansur, Pekik Setan, Raja Ambon, Joko Tingkir, CJDW dan lainnya.

Semua indukan pejantannya dipertemukan dengan indukan betina-betina unggulan dari trah peternak ternama. Saat ini, produknya sudah  banyak, targetnya diakhir tahun 2019 sudah ada produk TJM Casol yang tampil di lapangan.

Ya, boleh jadi dilihat dari materi indukan pejantan maupun betinanya yang semuanya pilihan dan berkualitas serta sudah prestasi di lapangan. Kelak akan bisa mencetak anak-anak burung berkualitas sehebat indukannya.

Breeding Murai TJM Casol Depok
Anakan Maradona

Kandang dibuat berpetak menggunakan bata merah, lebar 1,5 meter x panjang 2 meter dan tinggi 2,5 meter. Berlantai tanah, bagian atap tertutup,  sirkualisi udara lewat ram kawat bagian depan yang terbuka.

Dengan kandang seperti ini burung lebih nyaman berproduksi.  Anakan dipanen setelah memasuki umur 7-8 hari. Kemudian dipindahkan ke sangkar khusus dilengkapi lampu penghangat, sekaligus pemasangan ring berkode TJM Casol dan BnR Community. Untuk pemberian pakan diloloh oleh perawat.

Breeding Murai TJM Casol Depok
Ca Faisol saat takeover Maradona dari H Mansur

Setelah melewati umur 1,5 bulan anakan dipisah ke sangkar tersendiri. Ditempatkan dengan anakan-anakan yang lainnya, sambil didampingi burung-burung masteran atau isian mulai dari jenis burung kenari, lovebird, celilin, jalak suren, pancawarna, rambatan, cucak cungkok, parkit dan lain-lain. Jadi, anakan atau trotolan yang dipasarkan diumur 2,5 – 3 bulan semuanya sudah dilengkapi memiliki suara isian atau masteran.

Anak-anak burung TJM Casol sudah tersebar ke sejumlah kicaumania dari berbagai kota. Pesanan anakannya terus mengalir. Banderol anakannya terbilang terjangkau, mengingat materi indukannya  semua burung prestasi. Bagi kicaumania yang berminat untuk mendapatkan produk TJM Casol pemasarannya menghubungi TJM Casol BF Ruko Jl. Sawo Jajar No, 22 B, Pasar Anyar, Bogor WA 08159761815. *kb4.

Twister cup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here