Murai Batu Gedor, Klaten. Jagoan Lawas Yang Masih Bersinar

Murai Gedor - Jagoan lawas yang masih bersinar hingga sekarang

Kontesburung.com – Peta persaingan murai batu di blok tengah selalu enak untuk disimak. Ditengah banyaknya jagoan baru yang muncul, masih ada jagoan lawas yang tetap bersinar. Usia boleh tua tapi semangat tetap muda. Siapa dia?. Salah satunya adalah murai batu Gedor, milik Molock dari Pradana BC Klaten, Jawa Tengah. Disebut jagoan lawas lantaran Gedor sudah jadi jawara sejak tahun 2010 silam.

“Saya masih ingat betul Gedor menjadi jawara pada even BnR Rojolele di Delanggu, Klaten tahun 2010. Itulah even perdana bagi Gedor naik podium juara, ” kenang Molock.

Usai merengkuh juara di even tersebut prestasi Gedor semakin melejit. Itulah kenapa dia dinamai Gedor. “Dia itu tukang dobrak peta persaingan murai batu,” kata Molock.

Molock menceritakan bahwa Gedor dia pelihara sejak kecil.  “Saya beli seharga 3 juta perak dari teman yang dapat kiriman burung dari Sumatera. Masih dalam keadaan trotolan, belum bunyi, ” cerita Molock.

Lantas bagaimana ia yakin burung tersebut berkualitas? Membeli burung dengan cara itu memang gambling. Molock mengatakan bahwa ia hanya melihat katuranggan burung seperti bodi, bentuk kepala, mata dan cucuknya.

Singkat cerita, selama 4 bulan, selepas totol dan bunyi, Gedor kecil ini mulai diajak ke lapangan. Pada mulanya,  Gedor seringkali nebok atau jatuh. Molock pun berpikir keras agar Gedor tidak jatuh.

“Setelah 4 kali gantang, barulah saya menemukan setingan yang pas  buat  Gedor. Saya hanya mengambil karpet bawah yang ada disangkar Gedor, sejak itu Gedor nggak mau turun lagi, ” ujar Molock.

Kini, setelah 9 tahun berlalu, prestasi Gedor terbilang masih stabil. “Alhamdullilah masih dijalur aman dan di angka kecil. Dalam even di Dream Sengon Gedor dapat juara satu. Gelaran Merah Putih Cup juga dapat nomor satu. Even Karanganyar dan Asha kemarin dapat juara 4,” papar Molock.

Apa yang menjadi keistimewaan Gedor? Murai batu ini hebat di volume dan lagu-lagunya, ngerol dan panjang. Selain itu, Gedor juga ditopang dengan speednya yang rapat. Dengan kemampuan tersebut tak heran bila Gedor kerap naik podium di even yang ia ikuti, baik seri regional maupun nasional.

Banyak yang minat untuk mentakeover Gedor? Molock  menganggukkan kepala. “Ada teman yang ingin menukar Gedor dengan mobil, ada yang ingin membeli dengan uang sebanyak 100 juta rupiah, ” ungkap Molock. Molock bergeming dengan tawaran tersebut lantaran Gedor itu sebuah amanah. Itu karena anak gadisnya yang bernama Andin amat sayang dengan Gedor atau masih nggondeli. Kemana Gedor berlomba, anak kelas 6 SD ini selalu mengikutinya.

Bagaimana dengan perawatannya? Gampang dan tidak rewel. Sehari Gedor mengkonsumsi sebanyak 7 ekor jangkrik pagi dan sore. Selain itu, kroto diberikan seminggu 2 kali.

Perawatan menjelang lomba?H-2, Gedor harus masuk karantina. Untuk menaikkan birahi, porsi jangkrik ditambah. Hal penting lainnya, malam minggu harus mandi. Nah, bila sudah dilapangan, buka kerodong lantas tambah jangkrik lagi. Agar powernya tambah sempurna Gedor juga diberi ulat hongkong dan ulat pidang.

Gedor memang layak diandalkan. Dia salah satu pilar penting bagi Pradana BC. Selain Gedor, Bird Club yang bermarkas di Bolali,  Wonosari,  Klaten ini juga punya prestasi mentereng. Misalnya saja kacer Mustika dan kenari Las Vegas milik Bintang, ketua Pradana BC. Ada pula murai batu Gegana,  kacer Royal, dan cucak hijau Slamet yang penampilannya di setiap even patut diacungi jempol. “Kita masih terus beli burung-burung berprestasi untuk memperkuat Pradana BC, ” pungkas Molock.

Khofifah Cup 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here