Merpati SW, Terbaik di Kemerdekaan RI 73 dari Kandang Oranye Lapak Tomprangan Pondok Kopi Jakarta

Lomba Merpati Jakarta
Koh Bacen (baju puih) dan tim Oranye

Dari sejumlah kandang merpati tinggi Tomprangan di Pondok Kopi, Jakarta Timur, sebagian banyak diisi burung-burung hebat dan berkualitas. Merpati SW milik Koh Bacen salah satunya, yang muncul dari kandang oranye. Burung ini baru saja meraih sukses di even HUT Kemerdekaan RI ke 73, Agustus 2018 pekan lalu.

Di kalangan penggemar merpati tinggian di Jakarta tidak lepas dari Perkumpulan Olahraga Seni Merpati Terbang Tinggi (Posmeti), di Pulomas Jakarta Timur. Di lokasi ini sejak 20 tahun silam penggemar merpati tinggian berkumpul menyalurkan hobinya.

Lomba Merpati Jakarta
Joki senior Untung dengan Merparti SW andalan tim oranye

Namun, sejak 2 tahun lalu mereka berpindah ke lokasi baru, lapak tomprangannya persis di belakang kantor Walikota Jakarta Timur, Pondok Kopi Jakarta Timur. Ada 8 lapak kandang warna disini. Sama seperti di lokasi yang lama, di lapak tomprangan ini juga dikenal banyak mencetak merpati jawara nasional.

Lomba Merpati Jakarta
Tim Oranye merayakan kemenangan

Salah satunya SW koleksi Koh Bacen dari kandang oranye. Burung ini baru saja memenangkan turnamen tahunan Lomba Merpati dalam memperingatu HUT Kemerdekaan RI ke-73 2018 lalu. Dalam turnamen ini, giliran SW dari tim kandang oranye yang menjadi pemenangnya. SW menempati juara pertama, posisi kedua diraih Potenza koleksi H Bawor dari kandang kuning, dan juara ketiga ditempati BK milik Awi dari kandang hijau. “SW menjadi burung terbaik dalam turnamen tahun ini,“ ungkap Akeng salah satu anggota tim kandang oranye.

Kandang Merpati Tomprangan Pondok Kopi
Lapak Kandang Merpati Tomprangan Pondok Kopi

Sejatinya kemenangan di even tahunan ini buat SW bukan yang kali pertama, tahun lalu burung ini juga tampil sebagai juara, meskipun di posisi runner-up, saat itu juara pertamanya diraih Jordan dari kandang merah. Sejak burung ini di take-over oleh Koh Bacen, bos dari kandang oranye ini prestasinya terus melejit.

Tim kandang oranye memang dikenal solid, selain Koh Bacen sebagai owner dan beberapa personilnya diantaranya ada Akeng, Ayung, H Nico, dan Erik didukung dengan joki utama Untung memang dikenal memiliki koleksi burung-burung hebat.

Dengan beragam prestasi yang sudah diraihnya ini, lapak kandang oranye ini juga dikenal handal di kalangan penggemar merpati tomprangan di kawasann Pondok Kopi ini.

Menurut silsilahnya, merpati SW tak lain berdarah Pelor Zeplin dari H Awan Kemanggisan Jakarta. Burung ini sempat di tangan Pendil, lalu kemudian di take-over Koh Bacen. Baginya SW kini menjadi andalan kesayangannya.

Dua tahun silam saat masih di Pulomas dari kandang oranye juga punya jagoan hebat lainnya di antaranya ada Bocah, sayangnya burung tersebut hilang saat dilatihan. Dan kemudian juga ada Kahuna, juga hilang saat dalam turnamen. “Sekarang kami mengandalkan SW dan berhasil menjadi juaranya,” ungkapnya.

Yang jelas, dari sejumlah lapak merpati tomprangan yang ada di Pondok Kopi ini turut memenyemarakan hobi merpati tinggian khususnya diwilayah Jakarta dan sekitarnya. (KB-4)

Twister cup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here