MAU SF Depok, Dari Merpati Kini Eksis di Murai Batu

MAU SF Depok

Geliat komunitas kicaumania di kota Depok semakin marak. Banyak burung-burung hebat milik single fighter (SF) maupun bird club (BC) bermunculan dikota ini. MAU SF salah satunya. Penggemar merpati ini kini eksis dikicauan jenis murai batu.

MAU SF adalah akronim dari nama sang pemilik Muhamad Arief Utama Single Fighter. Awalnya dia lebih dulu eksis sebagai penggemar merpati tinggian. Belakangan beralih main dijenis kicauan. Dengan slogan “Kami Ada Untuk Jadi Saudara” mereka siap meramaikan musim lomba tahun ini

MAU SF Depok
Turun lomba dilintas EO

Sebagai seorang new comer alias pendatang baru M Arief Utama memang tak mau nanggung mengkoleksi burung amunisi andalannya. Sejumlah burung-burung berkualitas hebat sudah dikoleksinya.

Beberapa diantaranya  yang sudah meraih prestasi Troya, Tanaka, Baginda, Ritual, RR (Kirana) dan masih banyak yang  lainnya. RR atau Kirana disimpan di Sidoarjo. 

Ya, amunisi murai batunya selain di kota Depok sendiri, koleksinya masih tersebar di beberapa kota diantaranya Malang, Sidoarjo hingga Banyuwangi.Puluhan ekor murai batu miliknya memang dia simpan dibeberapa koleganya. “Masing-masing kami titipkan disana.” jelas M Arief Utama.

MAU SF Depok
Penangkaran Murainya Sudah Mulai Produksi

Selain di Depok sendiri yang berjumlah 15 ekor, Di Malang ada 11 ekor, Sidoarjp 5 ekor dan di Banyuwangi 2 ekor. Burung yang dititipnya diluar kota memang khusus untuk dilombakan di masing-masing kota tersebut.

Didampingi Anto juri senior PBI Depok, M Arief tak pernah absen turun keberbagai lomba disejumlah even organiser (EO). MAU SF memang dibentuk sebagai sebuah tim yang independen turun disemua EO manapun. “Seperti motonya, Kami Ada Untuk Jadi Saudara,” ungkapnya.

Ini juga yang membuat MAU SF juga dalam setiap kesempatan turut bergabung memperkuat tim Depok Bersatu.

MAU SF Depok
Murai Kirana (RR) Salah Satu Gaco Andalannya

Dalam waktu dekat, beberapa gelaran kolosalpun sudah dibidiknya, diantaranya Piala Pasundan 3 di Bandung, Minggu (21/4) mendatang. “Insya Allah dieven Pasundan 3 kami beserta kru akan hadir dengan membawa kedamaian dan kebersamaan. Semoga saja rekan-rekan juri yang bertugas khususnya pihak RGN bisa bertugas dengan  adil dan professional dalam penilaiannya,” harapnya.

Rencana Breeding

Kedepannya, MAU SF tidak hanya fokus pada lomba burung semata. Peduli pada konservasi khususnya penangkaran burung-burung lokal sejenis murai batu, kacer, cucak hijau dan burung-burung endemik lainnya turut menjadi prioritasnya.

Meskipun sampai saat ini mereka sudah mulai mengembangkan penangkaran murai batu yang sudah lebih dulu dirintis Anto di base camp nya dikawasan Jl KSU Raya, Depok Jawa Barat. Selain yang sudah ada, nanti dia juga berencana akan mengembangkan lagi materi-materi calon indukan yang sudah dia persiapkan.

MAU SF Depok
M.Arief Utama bersama Nana 99 saat memperkuat Depok Bersatu juara umum

Tentunya, kelak bila mengembangkan penangkaran murai batu M Arief tidak asal menangkar pasangan indukan. Hanya indukan pejantan prestasi dan indukan betina trah unggulan yang akan masuk kandang ternaknya.

Persiapan calon indukan, sudah disiapkannya. Apalagi selama ini dia sudah menyimpan puluhan ekor amunisi-amunisi handalnya di lapangan, sebagian diantaranya bakal diternakannya dengan kode ring PBI Silver-MAU BF. Karena targetnya, mulai tahun ini dia menyiapkan burung-burung murai batu andalannya semuanya menggunakan ring alias hasil breeding. “Doakan saja semoga semuanya lancar,” pungkasnya diakhir obrolannya. *kb4.

Twister cup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here