Konin Brotherhood Semarang, Antusiasme Luarbiasa

Konin Brotherhood Semarang, tak lagi dipandang sebelah mata

Kontesburung,com – Dulu, kolibri identik dengan burung master. Namun sekarang burung endemik Sulawesi ini mulai naik daun. Ya, kolibri dilombakan dalam kelas tersendiri. Kota Semarang misalnya, atmosfir burung kolibri di kota ‘Seribu Gantangan’ ini sungguh pesat. Bila dulu latber hanya terisi paling banter 10 ekor saja kini jumlahnya meningkat hingga 20-30 ekor burung. “Minim 15 ekor,” ujar Galih, dari Komunitas Konin Brotherhood Semarang.

Fakta lain, gantangan kolibri juga semakin banyak,  hampir tiap hari ada. Misalnya hari Selasa di Blancir Pedurungan. Kemudian hari Rabu di KPLS Wolter Monginsidi. Sementara hari Kamis di Bes dan Lamper. Sedangkan hari Jumat di Lamper NzR. Adapun hari Sabtu ada di Kombes, Lamper. “Hari minggu bebas soalnya ada yang ikut lomba di luar kota, ” imbuhnya.

Hal tersebut tidak terlepas dari banyaknya pengemar baru burung kecil ini. Nah, berawal dari kumpul-kumpul, ngopi bareng dan diskusi, mereka sepakat untuk bersatu. Wadah itu pada tahun 2017 diberi nama KBS, singkatan dari Konin Brotherhood Semarang. Kini anggota tetap KBS sekitar 40 orang. Tiap anggota punya lebih dari 5 ekor burung. Itu lantaran kolibri ini burung koloni.

Ada penangkaran? Belum ada, alasannya kolibri masih sulit ditangkarkan. Beberapa anggota sudah mencoba menangkap tapi belum berhasil.

Markasnya dimana?Galih mengaku kalau KBS tak punya markas resmi. Selama ini mereka hanya berhubungan lewat ponsel atau bertemu langsung digantungan. “Tapi kita ada kopdar setiap bulan. Disini semua anggota tetap diwajibkan hadir. Membahas mau road show kemana atau yang lain-lain, ” kata Galih.

Dalam Anniversary 2nd Konin Solo Raya jagoan-jagoan KBS muncul sebagai jawara. Contohnya Sakral yang menempati podium pertama 2 kali. Tak hanya itu, Sailormoon pun menyumbang poin bagi teman merah kuning ini.

“Ceritanya kita disini itu mbalekne (mengembalikan) sumbangan. Kita gantian jagong,” ujarnya tanpa basa basi. Ya, mereka berpartisipasi dalam lomba ini terkait persaudaran diantara komunitas konin. Pada even yang mereka gelar sehabis lebaran lalu, komunitas konin Solo Raya juga ikut ambil bagian.

Khofifah Cup 1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here