King Star, Kacer Segudang Prestasi Andalkan Jangkrik dan Jemur Sauna agar Tampil Prima

Segudang prestasi setumpuk piagam kejuaraan dari King Star

KONTESBURUNG.com – Komunitas kacer atau penggemar burung yang sering turun dilomba diblok tengah tidak asing dengan nama King Star. Kacer yang sudah mengumpulkan puluhan kali juara dan segudang prestasi diberbagai lomba ini hampir tiap minggu selalu berhasil membawa pulang trophy Juara, bahkan sering hattrick juara satusetiap kali turun. Karenanya nggak heran bila kemunculan King Star satu tahun ini dibanyak arena lomba selalu menjadi momok yang menakutkan bagi lawan lainnya.

Yang menarik dari King Star, adalah awalnya hanya sebagai burung rumahan dan tidak pernah lomba. Abhy sendiri memperkirakan sudah empat tahun membiarkan king Star sebagai burung rumahan. Sekitar setahun lalu Abhy yang melihat potensi King Star saat bunyi dirumah, mencoba menurukan dilomba kecil kecilan.

Kacer King Star, setahun rajai arena blok tengah

Sambil dicari setingan perawatan, akhirnya pria yang tinggal didaerah Nongko Ngombakan Sukoharjo menemukan seperti yang diceritakan dibawah nanti.  Setelah ditemukan cara perawatan itulah King Star mulai menyabet juara satu, seiring berjalannya waktu burung andalan KC SF sering kali menumbangkan kacer kacer papan atas di blok tengah. Biasanya orang beranggapan bila ingin burung tampil dengan power maksimal, bawa lagunya ngerol panjang, gayanya keluar namun tetap nagen, perlu perawatan khusus alias agat rumit. Nyatanya menurut Abhy sang pemilik yang merawat dari pertama, King Star hanya mengandalkan jangkrik dan jemur sauna.

Pagi setelah krodong dibuka sekitar pukul 06.00 diberi jangkrik 5 ekor yang sudah dibersihkan kepala dan kaki. Habis itu dianginkan sebentar lalu pakan voor diganti baru demikian air minumnya dilanjutkan dikerodong terus masuk rumah. Sore hari sekitar pukul 16.00 kerodong dibuka diberi jangkrik 5 ekor dan diganti air minumnya, kemudian dikerodong lagi dan istirahat sambil didengerin suara master burung lewat hand phone. Besok paginya dirawat seperti itu lagi plus mandi jemur yang dilakukan dua hari sekali.

Mandi seminggu tiga kali atau dua hari sekali

Kalau mandi dua hari sekali, maka jemur sauna diberikan 2 kali dalam seminggu, artinya pemberian mandi diakhir minggu tidak perlu diberikan penjemuran alias hanya diangin anginkan saja lalu dikerodong sampai sore. Untuk jemur sauna inilamanya sekitar satu jam saja. Selain voor sebagai pakan harian, jangkrik dan ulat sebagai extra fooding, ada pakan lain yang ikut membantu King Star selalu tampil prima yaitu kroto. Kroto diberikan seminggu 2 kali saja,  ukurannya satu sendok makan. “Dengan pemberian kroto, menjadikan King Star tidak bosan dengan extra fooding jangkrik dan ulat, juga tenaganya dan powernya tetap terjaga saat turun diarena lomba,” terang Abhy

HADAPI LOMBA JANGKRIK DIGENJOT

Kalau minggu disiapkan turun kelomba, maka H -3 (hari Jum’at) King Star sudah dilakukan perawatan khusus. Perawatan khusus itu seperti pakan jangkrik ditambah, pagi yang biasanya 5 ekor ditambah menjadi 15 ekor, sore hari ditambah jedi 10 ekor. H -2 Pagi jangkrik diberikan 20 ekor, sore hari diberikan 20 ekor plus ulat hongkong sekitar 20 ekor saja.

Jangkrik dan ulat hongkong menu utama King Star

Minggu pagi saat sampai dilokasi lomba, pagi hari diberi jangkrik 10 ekor plus ulat hongkong 10 ekor, gunanya untuk menambah tenaga agar saat tampil King Star tidak gembos. Sebelum naik gantangan, sebelum permainan kurang satu kelas, maka semua pakan dikeluarkan. Agar King Star bisa konsentrasi tampil maksimal. Saat ini King Star kondisinya lagi fit fit nya, jadi tiap minggu harus turun lomba agar tenanganya tersalurkan. “King Star kita persiapkan juga untuk turun dilomba besar khsusnya yang ada di blok tengah seperti Twister Cup Semarang dan lainnya,” terang Abhy sambil menunjukkan tumpukan piagam kejuaraannya King Star.

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here