Kiat Itonk Orbitkan Jendral Love Bird Baby yang Sering Juara

Love bird Jendral, muda tapi prestasi luar biasa

Saat lihat lomba Bayi Tabung Cup di Pucung Sumber Malang Minggu kemarin ada yang menarik dikelas love Bird, pasalnya ada Love Bird baby yang usia belum genap 6 bulan, tapi tampilnya cukup mempesona dan menarik perhatian penonton diluar pagar. Karena bunyi cukup panjang dan rajin, maka itu juripun sering memberinya point sehingga saat perhitungan akhir, burung milik Mr.Itonk Galeri ini selalu juara 1 dan tiga besar karena sering mengupulkan point tertinggi.

Mr.Itonk bersama andalannya Jendral yang pernah ditawar Rp 5 juta

Saat ditanyakan bagaimana bisa mengorbikan love bird yang diberi nama Jendral sering juara dilomba?, ternyata ada perawatan yang beda dengan love bird pada umumnya. Itonk menuturkan kalau dasar dari Jendral dari sisi panjang suara sudah masuk yakni antara 30 – 40 detik an, karena itu ia hanya berusaha untuk merajinkan Jendral saat tanpil dilomba, akhirnya sejak umur 4 bulan sudah dicari cari perawatan yang disukai burung dari burung yang dibeli dari hasil ternakan teman sendiri.

Mandi wajib pukul 20.30 disemprot sampai basah kuyup, lalu dianginkan sampai kering terus dikerodong

Beberapa minggu dicari soal mandi jemur, kemudian pakannya pakai bijian polos sampai yang formula. Dari setiap perubahan besoknya diturunkan ke Latber sambil dilihat hasilnya. Setelah beberapa pekan baru ketemu kalau Jendral yang sudah ngantongi puluhan kali juara satu, akhirnya ketemu kalau mandinya minta malam sekitar pukul 21.00. Terus pakan harian minta yang sudah formula yakni Love Bird Kraft, ditambah extra foodingnya jagung jawa muda yang warna putih.

“Jendral memang agak unik, diberi jagung lain meski sama sama muda dia tidak suka, tapi ketika diberi jagung jawa muda yang putih itu, dia langsung makan. Dan kalau sudah kenyang, baru ia akan bunyi, meski dikrodong sendiri dirumah kalau kenyang akan bunyi terus dan panjang sampai 40 an menit, sedang kalau turun lomba panjangnya turun jadi 30 an detik, tapi sering lanjut 1, lanjut2, lanjut 3,” jelas Itonk.

Habis mandi diberi jagung jawa muda kesenanganya

Jadi perawatan harian tiap pagi krodong dibuka, sangkar dibersihkan, lalu pakan Love Bird Kraft yang tersisa dibuang ganti yang baru, demikian juga jagung jawa diganti biar fress, setelah itu dibiarkan sebentar, lalu dikerodong digantung didalam rumah sendiri tidak boleh dekat love bird lain agar bisa istirahat. Malam 20.30 krodong dibuka, pakan dan minum diganti sambil tebok dibersihkan, baru Jendral dimandikan dengan disemprot sampai basah. Untuk bisa basah perlukan disemprotan antara 2 sapai 3 botol semprotan yang isi 2 liter.

Setelah basah dibiarkan diangin anginkan sekitar satu jam, setelah itu baru dikerodong lagi, sampai besok pagi. Kapan jemurnya?, kalau ada pertanyaan seperti itu jawabnya Jendral ternyata burung Love Bird yang tidak suka dijemur. Kalau dijemur justru kerjanya kurang stabil. “Mungkin jemurnya ya saat berangkat ke lomba dibawa pakai motor secara tidak langsung kena jemur meski dalam kerodong,” ujar pria yang sudah sering orbitkan love bird juara.

Habis dibersihkan dan diganti pakan dan jagung baru langsung dikerodong

Jendral hanya diturunkan lomba seminggu sekali saja, untuk menjaga stamina agar tetap fit, karena burung masih muda dan perlu dijaga stamina dan mentalnya agar tidak down. Kalau persiapan lomba tidak ada tambahan perawatan extra, hanya setiap sampai dilapangan langsung dikasih pakan Love Bird Kraft lagi dan jagung supaya kenyang. Kemudian dijaga agar tidak bunyi terus, jadi harus ditenangkan dan dijauhkan dari love bird lain. Kalau sudah kenyang Jendral siap tempur dan ingat, setiap akan digantang semua pakan dan minum dikeluarkan, disitu Jendral sial tampil.

Setelah dicoba berbagai macam pakan, Love Bird Kraft paling disuka dan memberi dampak stamina makin bagus

Habis turun lomba, kalau mau diturunkan lagi, maka begitu turun lomba pakan dan minum dipasang lagi dan dikerodong, supaya Jendral makan sampai kenyang. Begitu mau digantang, tempat pakan dan minum dikeluarkan lagi, agar Jendral fokus kerja. “Dengan perawatan diatas dan menu pakan yang sederhana, Jendral sudah puluhan kali masuk juara. Bahkan kapan hari ada yang mau minang lima juta tapi belum saya kasihkan,” terang pria yang tinggal di Jl.Seruji no.9 A, RT 12/RW 001 Kepanjen Malang.


Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here