Kesibukan Jack Rawat New Amara & Piano tak Kendor Meski tak Ada Lomba

Jack sedang mandikan Anis Merah New Amara

Meski tidak ada gelaran lomba burung saat wabah virus Corona melanda negeri bukan berarti kesibukan harian para perawat atau pemilik burung lomba bisa lebih longgar. Tidak ada lombapun perawatan harian burung lomba harusnya tetap saja seperti biasa, tidak boleh kendor. Hal itu dijelaskan langsung oleh Moch.Zakaria yang akrab dipanggil pak Jack.

Masih menurut Jack, perawatan harian burung lomba itu pada dasarnya sudah tertata waktunya begitu juga jadwal menu pakannya. Kalau kemudian karena tidak ada lomba terus jadwal buka krodong diubah, jemurnya diubah, menu extra fodingnya asal asalan, nanti bisa merubah kondisi stamina burung termasuk kebiasaanya.

New Amara baru diembunkan dan dijemur, diberi pakan voor batu, buah naga dan dua ekor jangkrik

“Repotnya kalau kebiasaan burung tersebut sudah berubah dari kebiasaan sebelumnya, maka untuk mengembalikan lagi prilaku burung seperti semula saat burung tersebut sering berperestasi akan kesulitan,” terang pria yang menerjuni dunia burung sejak tahun 90 an.

Karena itu Jack menjelaskan kalau dua burung andalan ketua PBI Surabaya Heri Soegihono SH,MH yang dalam perawatanya tidak berubah, termasuk hal yang sangat sepele tangkringan. Tapi kalau tangkringan diganti kayu lain, bisa berakibat burung tidak mau bunyi, karena kakinya menginjak kayu yang bukan biasanya.

Perawatan Anis Kembang Piano, hampir sama dengan New Amara sehingga tidak merepotkan

” Kebetulan New Amara terbiasa dengan tangkringan yang ada di sangkar harian, makanya kalau mau lomba tangkringan tersebut saya bawa untuk mengganti tangkringan di sangkar untuk lomba, itu salah contoh kecil,” jelas Jack pada kontesburung.com

Karena pekanya perawatan harian yang sudah tertata terhadap butung lomba, maka Jack yang saat ini merawat dua burung jawara andalan ketua PBI Pengda Jatim Heri Soegihono SH,MH tiap pagi setelah subuh harus sudah membuka krodong dan mengembunkan dua burung Amara (Anis Merah) dan Piano (Anis Kembang). Setelah pukul 06.30 WIB keduanya dikerodong lagi setelah pakan diberi voor yang baru dan air minumnya diganti baru.

Selanjutnya dikerodong untuk istirahat, sore dibuka hanya untuk tambah air minum dan satu jangkrik

Menu harian juga biasa dimana pakannya pakai voor kemudian extra fooding pagi diberi jangkrik 2 ekor dan buah diberikan dua hari sekali diberikan bergantian mulai pepaya, lusanya tomat atau buah naga, lusa beri lagi pepaya. Sore hari krodong dibuka hanya diberi tambahan jangkrik satu saja, lalu dikerodong sampai besoknya. Kedua burung jawara tersebut perawatan harian hampir sama, termasuk pengembunan, pakan extra dan buah waktu pemberianya sama.

Prestasi Piano terakhir sebelum lomba dilarang juara 1 sekali, juara 2 dua kali di H.Wie Bie Cup

Keduanya tiap dua hari sekali, dimandikan malam antara pukul 18.30 – 19.00 dengan cara masuk karamba. Setelah mandi dianginkan sebentar, kalau bulu sudah sudah terlihat kering baru dikerodong dan istirahat hingga besok pagi untuk diembunkan. Dengan perawatan sederhana diatas, kedua jagoan rawatan jack sudah puluhan kali menyumbangkan trophy juara dari lomba lomba besar dan bergengsi.

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here