Kelas Trucukan di Madiun Naik Daun, KTM, PRM, dan PPTI Siap Bangkit

Kontesburung.com – Belakangan kelas burung Trucuk di wilayah Madiun mulai naik daun. Hal tersebut terlihat dari beberapa tempat Latber yang sering membuka kelas burung Trucukan.

Burung jenis Merbah ini memang dikenal memiliki suara yang merdu dan unik, meski dibilang burung yang memiliki penampilan tak terlalu cantik karena warna bulunya yang suram. Namun kini burung Trucukan di Madiun memiliki banyak penggemar.

Seperti yang terjadi pada Minggu (5/9/2021) di kegiatan rutin Latber DFP Dungus Madiun, beberapa komunitas Trucuk Madiun hadir meramaikan kelas Trucukan. Ada dari Pejuang Trucukan Madiun (PTM), Pejuang Ropel Madiun (PRM), dan Pecinta Pelestari Trucuk Indonesia (PPTI).

Salah satu penggemar, Mey Sudarta mengatakan dia punya harapan besar agar kelas trucuk yang selama ini masih dipandang sebelah mata di Madiun kedepan bisa terus eksis dan setara dengan kelas-kelas yang lainnya. Ia menambahkan komunitas Trucuk di Madiun siap meramaikan dan akan terus semangat mendatangi tempat-tempat Latber.

Komunitas Trucukan Madiun, KTM, RPM, PPTI siap meramaikan dan bangkitkan kelas trucuk di Madiun.

“Banyak juga yang memandang rendah trucukan. Dibilang, tidak punya daya jual tinggi, alias harganya murah. Namun belakangan terutama di Madiun animonya lumayan besar banyak rekan-rekan yang mulai tertarik dan gabung komunitas, “katanya.

Mey Sudarta menambakan, keberadaan komunitas penghobi trucukan dapat mendongkrak derajat burung trucukan. Sehingga ia bersama komunitasnya berharap sejumlah Event Organizer (EO) pun melirik potensi dari gantangan burung trucukan.

Hal senada juga dikatakan Oky dari PPTI, ia menuturkan selama ini burung Trucuk memang masih kurang dilirik di Madiun padahal diluar daerah termasuk kota-kota besar kelas trucukan sudah umum dilombakan pada event nasional.

“Banyak yang meledak pada awalnya, kenapa suka dengan burung yang terkesan “ndeso”, tapi itu bagi yang belum tau. Burung trucukan ini memiliki suara kicauan yang unik dan di daerah lain kota-kota besar sudah ramai dilombakan bahkan sudah sering masuk kelas nasional, “tutur Oky.

Baik Mey Sudarta maupun Oky, dan penggemar burung trucuk yang lainnya berharap seiring naik daunnya kelas Trucukan di Madiun kedepan bisa menjadi warna baru dalam meramaikan khazanah perburungan di Madiun sehingga dengan begitu kasta burung trucukan akan naik dan harganya pun turut terdongkrak. (*)

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here