Jurus Jitu Rawatan Harian Hummer, Si Pemboyong Suzuki Ertiga di Piala Presiden

Murai Batu Hummer
Ujang sang perawat bersama Hummer si pendulang sukses.
Murai Batu Hummer
Ujang sang perawat bersama Hummer si pendulang sukses.

SEJAK menghebohkan di Piala Presiden Jokowi dengan menggondol satu unit mobil Suzuki Ertiga hingga burung ini mencetak doublewinner di ajang tersebut, jurus rawatan harian burung ini banyak ingin diketahui orang seperti apa sebenarnya rawatan harian si Murai “Hummer” ini ? Simak yang berikut:

Mengawali perbincangan, Herry TSI sang pemilik mengungkapkan, sejak diangkat dari kandang ternak awal tahun ini, untuk perawatan persiapan ke lapangan murai batu Hummer kini ditangani Ujang perawat barunya. Meski demikian, setingan harian tetap di bawah kendali Herry TSI sang pemiliknya.

Perawatan harian burung ini memang standar lazimnya murai batu, pagi buka krodong burung dianginkan, sambil dijemur. Penjemuran lumayan lama, tergantung kondisi cuaca panasnya. Biasanya tidak lebih dari 1 atau 2 jam.

Selesai dijemur, dianginkan kemudian kembali dikerodong untuk istirahat. Pemberian ekstrafoodingnya, selain kroto segar juga jangkrik pagi 7 ekor dan sore 7 ekor. Kesehariannya dikandang harian, tanpa umbaran, kecuali disaat kondisi tertentu masuk umbaran, namun itu tidak dilakukan secara rutin.

Sore buka krodong burung kembali dianginkan, selanjutnya diberikan jangkrik dengan porsi yang sama dengan pagi, sambil dimandikan. Hummer memang biasa dimandikan di sore hari.

Hanya dengan perawatan standar tersebut prestasi Hummer terus melejit pasca diangkat dari kandang ternaknya. Dan itu yang dibuktikannya didua even akbar dibulan Maret ini. Dua kali memenangkan kelas utama digelaran akbar. Sebuah prestasi yang sangat luar biasa ditengah ketatnya persaingan murai batu yang semakin kompetitif. (kb-4)

Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here