Cara Rawat Kenari Virus yang Beken di Karisidenan Madiun – Mandi di Cepuk, Exfood cuma Sawi

Yoga saat juata di Samuri Cup, Siap ke Twister Semarang bersama rekan

Kenari bernama Virus milik Yoga asal Maospati Magetan memang cukup dikenal disekitaran karisidenan Madiun, karena kenari jenis kecil ini sering juara dilomba yang digelar dikarisidenan Magetan. Minggu kemarin Yoga bersama rekan teamnya yang bernama YKYB SF turunlah ke lomba Samuri Cup Sidoarjo, ternyata Virus mampu tampil memukau meski berada digantangan paling ujung.

Lagu roll panjang didukung volume yang kenceng dan rajin menjadikan Virus bisa juara satu mengalahkan banyak kenari lain yang saat itu memenuhi gantangan. Keberhasilan Virus dikandang macan inilah yang membuat sipemilik merasa bangga, hingga Yoga siempunya ingin membawanya ke beberapa lomba besar seperti Twister Cup Semarang kedepanya.

Kenari yang sempat akan dilelang karena kurang dilirik saat dilombakan diakibatkan ukurannya yang kecil, tapi selalu masuk tiga besar karena lagu dan volumennya yang istimewa. Bagaimana rawatan Virus bisa mengantongi puluhan kali prestasi juara?.

Pagi habis buka krodong diberi cepuk isi air biar mandi

Menurut Yoga, rawatan harian Virus sangat gampang, pagi habis buka krodong langsung dianginkan sebentar, kemudian diberi cepuk isi air untuk mandi. Setelah mandi diberi pakan Canary Kraft yang baru, kemudian dijemur sekitar 15 menit. Setelah dijemur dianginkan sebentar baru lalu diberi sawi terus dikrodong untuk istirahat.

Setelah itu jemur selama 15 menit saja

Sore hari sekitar jam 15.00, Virus dibuka kerodong lalu dianginkan saja tidak usah dimandikan atau dijemur. Kalau pakan kurang bisa ditambah, begitu juga sayur sawinya diganti yang baru. Besoknya pagi hari perawatan Virus seperti biasanya, cuma tidah perlu mandi dan jemur, hanya dianginkan saja lalu taruh teras rumah sampai pukul 09.00, selanjutnya dikerodong untuk istirahat, sore buka krodong dianginkan satu jam, ganti pakan baru dan beri sawi segar, tutup krodong istirahat sampai besok pagi.

Begitu rutinitas tiap harinya, karena mandi dan jemur hanya dilakukan 2 hari sekali dan hari H saat diarena lomba. “Jadi rawatan Virus sangat mudah, makanya banyak yang ingin meminang, tapi tidak saya lepas karena buat andalan kelomba besar, padahal dulunya tidak banyak yang melirik karena burungnya kecil, tapi setelah lihat kerja lapangan, orang pada rebutan,” terang Yoga pada kontesburung.com

Beri pakan Canary Kraft yang baru secukupnya, sisa yang kemarin di buang

Selain rawatan sederhana dan mudah, yang membuat Virus selalu joss staminanya, adalah pakan diberi Canary Kraft kemasan baru bentuk kaleng. Sejak diberi pakan baru ini, penampilan Virus lebih meningkat stamina, powernya lebih tanguh hal itu terlihat kalau bunyi cukup kenceng dan ngotot seperti tak punya rasa lelah.

Daftar Juara Virus beberapa bulan ini :

  • – Madiun 4in1 juara 2,2,1
  • – HUT TNI AU juara 3,1
  • – Zom Team Cup Ngawi juara 1
  • – Launching NZR Ngawi juara 1
  • – 2Th NgawiRaya juara 1
  • – Ramadhan Ceria AE 1 juara 1,1
  • – Samuri Cup Sidoarjo juara 1,3
Kanary Kraft

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here